Connect with us

Teknologi

Tak Perlu Panik, Ternyata Begini Cara Mengatasi iPhone yang Mati Total di Rumah

Published

on

pexels-jibarofoto-13570143-7155214a

Teknologi, Bindo.id – Sama halnya dengan perangkat elektronik pada umumnya, tidak jarang iPhone juga mengalami permasalahan yang bisa membuat para penggunanya bingung dalam mengatasinya. Biasanya permasalahan itu berupa iPhone tidak bisa dihidupkan sehingga membuat tampilan layarnya menjadi hitam.

Tentunya hal itu cukuplah mengganggu terutama jika iPhone sedang dipakai untuk melakukan hal-hal penting seperti menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah. Jika dalam hal ini anda sedang menghadapi permasalahan seperti itu jangan terburu-buru membawanya ke tempat service, namun cobalah untuk menerapkan beberapa cara mengatasinya sendiri di rumah.

Lalu seperti apa cara mengatasi iPhone yang mati total itu di rumah tanpa harus membawanya ke tempat servis?.

Cara Mengatasi iPhone yang Mati Total Cukup dari Rumah

Ketika iPhone yang anda miliki tiba-tiba layarnya mati menjadi gelap pekat/ mati total janganlah langsung panik. Dalam hal ini sebaiknya cobalah untuk mengatasi iPhone yang mati total itu sendiri terlebih dahulu seperti berikut.

  1. Cobalah Melakukan Pengisian Daya

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi iphone mati total yakni dengan mencoba melakukan pengisian daya. Untuk durasi pengisian dayanya sendiri bisa anda lakukan selama sejaman.

Perlu diingat bahwa dalam melakukan pengisian daya tersebut pastikan terlebih dahulu anda telah menggunakan adaptor dan kabel yang baik. Hal itu bertujuan agar aliran listrik yang dihasilkan bisa maksimal.

  1. Lakukan Force Restart iPhone

Alternatif berikutnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi iphone tiba-tiba mati total yakni melakukan Force Restart pada perangkat. Force Restart sendiri merupakan tindakan menghidupkan kembali perangkat secara paksa. Jadi pastikan jika anda mencoba cara ini prosesnya harus dilakukan secara hati-hati.

Selain itu cara Force Restart pada setiap iPhone itu antara satu dengan lainnya tidaklah sama, sehingga Anda perlu memahami terlebih dahulu tipe dari iPhone yang  dimiliki.

Baca Juga  Threads Meminta Izin Akses Yang Dinilai Sensitif

Misalnya pada iPhone seri 6 dan 7 cara Force Restart bisa dilakukan dengan menekan tombol home dan sleep secara berbarengan. Setelah itu tunggulah beberapa menit hingga logo Apple muncul kembali di layar.

Biasanya jika Anda menggunakan cara mengatasi iPhone yang mati total di rumah dengan metode Force Restart akan membutuhkan waktu selama beberapa detik.

  1. Merecovery Mode

Cara mengatasi iPhone yang mati total di rumah berikutnya yakni dengan merecovery mode. Untuk caranya sendiri pertama-tama anda perlu menyiapkan perangkat tambahan berupa komputer setelah itu bisa mencoba tahap selanjutnya seperti berikut.

  • Langkah pertama silahkan untuk menghubungkan iPhone yang mati total pada charger dock.
  • Kemudian tekan dan tahan menu home selama beberapa menit.
  • Apabila aplikasi iTunes telah berhasil muncul di layar, Anda bisa langsung menghubungkan iPhone itu pada komputer maupun laptop.
  • Terakhir ikutilah semua proses resto data guna mengembalikan pengaturan ke settingan awal.
  1. Menekan Tombol Hold + Home iPhone

Apabila cara mengatasi iPhone yang mati total di atas belum juga berhasil dilakukan, sebaiknya cobalah menggunakan metode menekan tombol hold dan home iPhone secara bersamaan.

Untuk durasi menekan tombol hole dan home iPhone secara bersamaan itu bisa dilakukan selama 10-30 detik. Perlu diketahui bahwa telah banyak pengguna iPhone yang menggunakan cara ini dan terbukti cukup efektif untuk mengatasi perangkat mati total. Jadi tunggu apa lagi segeralah untuk mencobanya.

  1. Merestore iPhone

Cara mengatasi iPhone yang mati total di rumah terakhir yakni dengan mencoba merestore. Maksud dari merestore di sini yakni mengembalikan iPhone itu seperti settingan pabrik.

Itu artinya anda perlu menghapus semua data yang ada di menu pengaturan iPhone. Adapun langkah-langkah merestore iPhone seperti berikut ini.

  • Pertama silakan untuk menghubungkan iPhone pada komputer atau laptop via kabel data.
  • Kemudian bukalah menu iTunes melalui perangkat yang Anda gunakan tersebut baik komputer/laptop.
  • Setelah itu tekanlah file, lalu pilih opsi device.
  • Jika sudah selesai Anda bisa menekan opsi “restore backup”.
  • Terakhir tunggulah hingga proses backup selesai dilakukan.
Baca Juga  191 HP Dengan IMEI Ilegal Bakal Dilakukan Shutdown, Polri Bakal Buka Posko Pengaduan

Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi iPhone yang mati total di rumah tanpa harus pergi ke tempat service.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *