Connect with us

Teknologi

Resmi Dirilis iPhone 16 Dan iPhone 16 Plus, Cek Spesifikasinya

Published

on

Ilustrasi iPhone 16 [forbes]

Jakarta, Bindo.id – iPhone 16 dan iPhone 16 Plus telah resmi diumumkan di perhelatan Apple Event yang diselenggarakan pada Selasa dini hari WIB (10/9/2024).

Ada sedikit perubahan tampilan di kedua HP ini, akan tetapi peningkatan performanya signifikan.

“iPhone 16 sudah mendukung Apple Intelligence. Pengguna dapat membuat gambar lewat Playground, mencari sesuai deskripsi pada Photos, membuat isi email, meringkaskan notifikasi dan tentu saya menggunakan Siri terbaru,” tutur Craig Federighi, senior vice president of software engineering Apple.

Detail Spesifikasi iPhone 16 dan iPhone 16 Pro

Kedua HP ini hadir dengan layar OLED yang memukau mata. Pada iPhone 16 mempunyai ukuran layar 6,1 inch, sedangkan iPhone 16 Plus hadir dengan layar yang lebih besar, yakni 6,7 inch.

Kedua layar tersebut dapat mendukung teknologi Super Retina XDR, HDR, serta mempunyai lapisan pelindung oleophobic dan juga kaca keramik yang tahan gores.

Pada tingkat kecerahan maksimalnya yakni sebesar 2000 nits. Sedangkan tingkat kecerahan terendahnya yakni 1 nits.

Pada segi performa, kedua model tersebut ditenagai oleh chipset A18 Pro yang powerful.

Apple mengklaim peningkatannya mencapai 30% lebih kencang jika dibandingkan dengan CPU iPhone 15. l

Kemampuan grafisnya juga mengalami peningkatan sebanyak 45% dari generasi sebelumnya, serta jauh lebih hemat, sampai 30% lebih hemat jika dibandingkan dengan sebelumnya.

“Dibuat 3nm memberikan kinerja juga lebih kencang, 30% dari CPU iPhone 15. Kemampuan grafisnya pun meningkat 45% dari generasi sebelumnya, pun begitu chip ini jauh lebih hemat hingga 30% dari pendahulunya,” tutur Sribalan Santhanam, VP Silicon Engineering Group Apple.

Posisi kamera di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus tampak mengalami perubahan. Joka sebelumnya tersusun secara diagonal, Saat ini jadi vertikal.

Kedua model ini memiliki kamera belakang ganda. Kamera utama sebesar 48 MP yang mempunyai teknologi Sensor-shift OIS untuk stabilisasi gambar yang lebih baik.

Kamera kedua yakni kamera ultra-wide 12 MP, yang memungkinkan pengambilan gambar dan sudut pandang yang lebih luas. Kamera depan sebesae 12 MP dengan teknologi Time-of-Flight (ToF). Kamera ini dihadirkan demi mendukung pengambilan selfie serta video call berkualitas tinggi.

Desain pada kedua model ini tetap elegan dengan bahan kaca yang ada di bagian belakang serta bingkai aluminium.

Keduanya juga mempunyai sertifikasi tahan air serta debu IP68, yang membuatnya menjadi lebih tahan lama di berbagai kondisi.

Fitur keamanan Face ID tetap jadi andalan, dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah 3D yang akurat serta cepat.

Pada konektivitas, iPhone 16 serta iPhone 16 Plus mendukung Bluetooth 5.4, Wi-Fi 6E, serta USB Type-C. 

Keduanya pun mendukung pengisian daya cepat maupun pengisian daya nirkabel MagSafe.

Namun, seperti di model sebelumnya, kedua model ini tak mempunyai jack headphone 3,5 mm.

Saat ini Visual intelligence dihadirkan melalui tombol Camera Control pada iPhone 16.

Mempermudah pengguna untuk mencari apapun dengan cukup menekan tombol Camera Control maka hasilnya akan langsung ditampilkan.

Camera Control ini juga dapat digunakan untuk mengontrol kamera ketika beroperasi, yakni mengatur zoom ketika kamera sedang dibuka.

Caranya yakni dengan menekan serta menggeser jari di tombol tersebut.

Camera Control menjadi tombol taptic berbagai fungsi. Fungsinya sendiri yakni tergantung berapa tekanan serta gerakan yang dilakukan oleh pengguna.

Kamera utamanya memiliki 48 MP sehingga dapat mengambil foto dengan sangat detail.

Bersanding dengan kamera ultra wide 12 MP agar bisa menangkap momen lebih luas. Selain itu juga dapat memotret makro serta dipakai di kondisi minim cahaya dengan hasil jauh lebih terang dari sebelumnya.

iPhone 16 akan membuat main game makin asyik. Sebab terdapat sistem pendingin yang membuat performanya akan tetap terjaga 30% dari sebelumnya. Peningkatan ray tracing membuat frame rate menjadi 5x lebih baik.

Harga iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

iPhone 16 dibanderol dengan harga mulai USD 799 atau Rp 12,3 juta pada varian 128GB. Sedangkan iPhone 16 Plus dibanderol dengan harga mulai USD 899 pada versi 128GB.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *