Connect with us

Teknologi

Transmisi Mobil Bisa Rusak Jika Parkir Seperti Ini

Published

on

Ilustrasi parkir mobil [qoala]

Jakarta, Bindo.id – Menjaga transmisi mobil supaya tetap awet tak hanya soal perawatan rutin di bengkel.

Terdapat kebiasaan kecil yang dapat membuat komponen penting ini untuk bisa bertahan lebih lama.

Lung Lung selaku pemilik bengkel Dokter Mobil, menuturkan salah satu cara yang paling sederhana akan tetapi efektif yakni dengan memperhatikan urutan ketika parkir.

“Memindahkan tuas ke posisi ‘P’ saat parkir memang tidak salah, tetapi sebaiknya gunakan rem parkir terlebih dahulu sebelum memindahkan transmisi ke ‘P’,” tutur Lung Lung, Minggu (25/8/2024).

Upaya sederhana ini dapat meminimalisir beban pada mekanisme transmisi yang bertugas untuk mengunci roda, terlebih apabila mobil diparkir pada area yang tak sepenuhnya datar.

Lung Lung menuturkan memakai rem parkir sebelum mengaktifkan posisi “P” dapat mencegah tekanan berlebih terhadap komponen transmisi.

Hal ini penting sebab saat semua beban kendaraan ditahan oleh transmisi saja, terlebih di jalanan yang tak rata, komponen itu akan lebih cepat aus dan rusak.

Dia menuturkan tidak jarang pengemudi langsung memindahkan transmisi ke posisi “P” tanpa menarik rem parkir terlebih di jalan yang landai.

Ini merupakan kebiasaan yang sepele, akan tetapi memiliki risiko tinggi sebab bisa mengakibatkan kerusakan jangka panjang di transmisi.

Lung Lung juga mengingatkan pentingnya mekakukan kebiasaan ini terlebih pada mobil yang sering diparkir pada area curam.

Risiko kerusakan pada transmisi dapat dikurangi dengan memastikan rem parkir telah aktif sebelum transmisi dipindahkan ke posisi “P”.

Melakukan kebiasaan sederhana ini tak hanya membantu untuk menjaga kondisi transmisi agar tetap prima, namun kedepannta juga bisa menghindari biaya perbaikan yang mahal.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *