Connect with us

Teknologi

Batas Partisi Harddisk FAT32 Di Windows Saat Ini Jadi 2TB

Published

on

Batas partisi Windows 11 kini akan ditingkatkan menjadi 2TB [windows]

Jakarta, Bindo.id – Microsoft akan memperbarui batas ukuran partisi FAT32 pada harddisk yang dipasangi OS Windows 11 lewat update terbarunya.

Partisi harddisk FAT32 sebelumnya dibatasi sampai 32GB. Pembatasan ini telah berlaku hampir selama 30 tahun, sejak pengembangan Windows 95.

Saat ini, batas partisi tersebut telah ditingkatkan menjadi 2TB.

Fitur ini baru ada di Windows 11 dengan versi Insider Preview Build 27686.

Pembaruan fitur ini akan diluncurkan kepada para pengguna umum usai pengujian serta validasi lebih lanjut.

Pengguna akan menemui batasan baru ini saat melakukan pemformatan disk dari command line, dengan memakai perintah ‘format’.

“Saat memformat disk dari baris perintah menggunakan perintah format, kami telah meningkatkan batas ukuran FAT32 dari 32GB menjadi 2TB,” ujar tim Windows pada sebuah posting blog, Kamis. Dalam postingan tersebut membahas tentang versi uji coba Windows 11 Canary terbaru.

Walaupun Windows 11 saat ini mendukung pembuatan partisi FAT32 sampai 2TB lewat command line, alat pemformatan disk berbasis GUI (graphic user interface) di antarmuka Windows akan tetap dibatasi sampai 32GB.

Apabila pengguna ingin membuat partisi FAT32 yang lebih besar harus melakukannya memakai tools partisi pihak ketiga atau command line.

Dilansir dari The Verge, Senin (19/8/2024), harapannya pembaruan batas ini akan tersedia bagi seluruh pengguna Windows 11 usai stabil. Hal ini memungkinkan akses yang lebih luas ke batas ukuran partisi yang ditingkatkan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Kandidat Yang Kuasai AI Banyak Dicari Perusahaan Di Indonesia
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *