Connect with us

Sports

Resmi Dibuka Presiden Jokowi PON XXI 2024 Aceh-Sumut Dengan Menampilkan Kekayaan Budaya

Published

on

Pembukaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut tampilkan kekayaan budaya [disway]

Aceh, Bindo.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatra Utara telah resmi dibuka Presiden Joko Widodo.

Upacara pembukaan PON XXI 2024 diselenggarakan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin malam (9/9/2024).

Ini merupakan momen bersejarah. Sebab, pertama kalinya PON digelar dengan 2 tuan rumah, yakni Aceh dan Sumatra Utara.

Ada 65 cabang olahraga, 87 disiplin, serta 1.042 nomor pertandingan akan diselenggarakan di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatra Utara. Acara ini akam berlangsung sampai 20 September 2024 nanti.

Lebih dari 13.000 atlet telah bersiap untuk bersaing memperjuangkan gelar terbaik serta menunjukkan hasil pembinaan olahraga yang berasal dari berbagai daerah.

Acara pembukaan PON XXI 2024 ini tidak hanya jadi perayaan olahraga, namun juga panggung untuk mengenalkan kekayaan budaya lokal.

Anggota tim pelaksana acara pembukaan PON XXI, Ade Akbar, menuturkan opening ceremony ini mengusung tema “Aceh Tegak” atau Aceh hebat dan Aceh kuat. Dalam opening ini sengaja menampilkan berbagai pesona kebudayaan Aceh.

Salah satu yang ditampilkan yakni pertunjukan tarian kolosal yang terbagi di 4 segmen visualisasi serta melibatkan sebanyak 873 penari.

Segmen pertama, yakni “Maha Raya Tradisi Sejarah” yang menampilkan keistimewaan sejarah Aceh.

Ada pula “Maha Karya Pesona Budaya” yang menampilkan keistimewaan pesona budaya Aceh.

Selain itu juga ada “Maha Daya Alam Semesta” yang menampilkan pesona alam lokal.

Terakhir, terdapat “Maha Jaya Semangat Malahayati” yang menampilkan semangat khas Aceh.

“Secara garis besar, kami mempersiapkan pertunjukan ini dengan tema besar Aceh Tegak atau Aceh Hebat dan Aceh Kuat,” ujar anggota tim pelaksana acara pembukaan PON XXI, Ade Akbar.

“Ini adalah acara olahraga yang penuh semangat, jadi kita menampilkan pertunjukan yang terinspirasi dari semangat khasnya Aceh dan terinspirasi dari peristiwa sejarah melalui Maha Jaya Semangat Malahayati,” tuturnya.

Baca Juga  Penyebab Fenomena Polusi Udara Di Jabodetabek Kini Sedang Dikaji Oleh BRIN

Tidak hanya disuguhi visual budaya yang megah, penonton juga dihibur dengan deretan artis lokal maupun nasional.

Artis-artis Aceh yang tampil yakni Tangke, Apache, Liza Aulia, serta Rialdoni. Ada pula penampilan dari artis nasional diantaranya Nabila Taqqiyah, Virzha, serta Tiara Andini.

Pada sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa selain jadi ajang mencetak atlet terbaik bangsa, PON XXI 2024 ini juga sebagai momen untuk mengokohkan tali persaudaraan bangsa.

“PON ini adalah ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa. Melahirkan lebih banyak pemecah rekor dunia. Melahirkan lebih banyak calon peraih medali emas,” ujar presiden kelahiran Solo tersebut.

Dirinya juga berpesan kepada semua atlet serta kontingen supaya menjunjung tinggi sportivitas serta kejujuran selama bertanding di PON XXI 2024 Aceh-Sumut ini. 

“Mari kita semua merayakan Pekan Olahraga Nasional ini dengan semangat kebersamaan, dengan semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri,” tutur Presiden Joko Widodo.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion