Connect with us

Sports

Veddriq Leonardo Dan Rizki Juniansyah Raih Medali Emas Di Olimpiade Paris 2024

Published

on

Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah berhasil raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024 [bakabar]

Paris, Bindo.id – Veddriq Leonardo atlet panjat tebing dan Rizki Juniansyah atlet angkat besi berhasil raih medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Veddriq Leonardo meraih medali emas pertama untuk Indonesia pada Olimpiade 2024 di cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor men’s speed.

Atlet yang usianya 27 tahun itu memperoleh medali emas usai menang di laga melawan wakil China, Wu Peng. Atlet China tersebut diposisi peringkat kedua dunia di laga final.

Veddriq merupakan atlet kelahiran Pontianak ini berhasil menghempas Wu Peng dengan catatan waktu 4,75 detik sehingga berhasil memperoleh pulang emas dari nomor men’s speed.

Veddriq juga mengukir sejarah di tahun 2024 ini. Dirinya merupakan atlet pertama yang berhasil menjadu juara di cabor panjat tebing nomor speed sejak kali pertama digelarnya pertandingan di Olimpiade 2024 Paris.

Sebelumnya, di Olimpiade 2020 Tokyo, nomor speed digabungkan dengan lead border. Veddriq juga mencatatkan sejarah peraih medali emas pertama bagi Indonesia dari cabor di luar bulu tangkis.

Seperti Veddriq, Rizki Juniansyah juga telah sukses meraih medali emas bagi Indonesia pada Olimpiade 2024.

Rizki Juniansyah meraih medali emas usai mencatatkan total angkatan 354 kilogram di cabor angkat besi nomor 73 kg.

Dirinya berhasil mengungguli Weeraphon Wichuma (Thailand) dan Andreev Bozhidar Dimitrov (Bulgaria). Keduanya secara berurutan berada diposisi kedua dan ketiga.

Atlet angkat besi yang umurnya 21 tahun ini berhasil mencatatkan rekor Olimpiade di angkatan 199 kg clean and jerk.

Rizki juga menjadi lifter Indonesia pertama di sejarah yang dapat memperoleh medali emas Olimpiade. 

Keberhasilan Veddriq dan Rizki menjadikan Indonesia untuk kali pertama memperoleh medali emas Olimpiade di luar cabor bulu tangkis.

Indonesia juga mengulangi kesuksesan Olimpiade 1992 setelah memperoleh 2 medali emas di Paris.

Baca Juga  Nurul Akmal Harapan Terakhir Indonesia di Olimpiade Paris 2024: Dihadang Saingan Terberat, Mampukah Raih Medali?

Indonesia saat itu meraih 2 medali emas Olimpiade 1992 dari cabang olahraga bulu tangkis. Kedua legenda pebulu tangkis Indonesia yakni Alan Budi Kusuma (tunggal putra) dan Susy Susanti (tunggal putri) telah berhasil meraih medali emas Olimpiade 1992 di Barcelona.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion