Connect with us

Sports

Mengenal the Phryges Olympic, Maskot Resmi Olimpiade Paris 2024

Published

on

3 Maskot Olimpiade Paris 2024 Bindoid-e689ca9c

Olahraga, Bindo.id – Maskot hampir tidak pernah lepas dalam banyak gelaran pesta olahraga, termasuk di Olimpiade Paris 2024. Kemeriahan olimpiade memang kian lengkap dengan kehadiran maskot. Maskot menjadi simbol nilai-nilai yang diangkat pada olimpiade, serta membantu promosi dan komunikasi dengan para penonton.

Banyak orang dari berbagai belahan dunia membeli maskot olimpiade yang unik sebagai koleksi. Pasalnya, bentuk, warna, dan makna dari sebuah maskot identik dengan tuan rumah penyelenggara. Tentu tidak akan ditemukan yang sama lagi pada olimpiade berikutnya.

Topi Tradisional sebagai Inspirasi Maskot Olimpiade Paris 2024

Pada gelaran Olimpiade Paris 2024, tim desain mengambil inspirasi nama dan bentuk topi tradisional Frigia yang sangat terkenal di Prancis sebagai maskot resminya. Melansir dari laman www.olympics.com, maskot Olimpiade Paris 2024 tersebut bernama Phryge Olympic / the Phryges (dibaca free-jes).

Nama dan desain maskot dipilih sebagai simbol kebebasan, serta mewakili tokoh-tokoh alegoris di Republik Prancis. Maskot Olimpiade Paris 2024 memang cukup berbeda dari sebelumnya.

Jika umumnya penggunaan karakter hewan sebagai maskot, tapi hal ini tidak dipilih oleh Prancis. Melansir dari Antara, Rabu (24/7/2024), Presiden Prancis, Tony Estanguet menjelaskan perihal pemilihan maskot ini.

“Dibandingkan hewan, maskot ini lebih mewakili kami. Topi Frigia adalah simbol kebebasan. Topi tersebut sudah sangat akrab bagi kami, muncul di stempel dan pedimen di bawah atap gedung balai kota kami. Topi itu juga mewakili identitas dan semangat Prancis,” ungkap Tony.

Jika menilik sejarahnya, topi Frigia merupakan simbol kebebasan dalam budaya Eropa dan kolonial. Pada zaman Romawi, para budak yang dibebaskan mengenakan topi Frigia sebagai simbol kebebasan dan kemerdekaan. Topi ini juga muncul di berbagai lambang di Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Baca Juga  Veddriq Leonardo Dan Rizki Juniansyah Raih Medali Emas Di Olimpiade Paris 2024

Di Prancis sendiri, topi Frigia menjadi salah satu simbol penting. Tak heran jika topi Frigia sering muncul dalam cetakan uang koin, prangko, karya seni, hingga ukiran pada gedung institusi.

Topi Frigia juga dapat ditemukan di atas kepala tokoh ikonik Prancis, yaitu Marianne. Ia adalah perempuan figur kebebasan pada masa revolusi Prancis.

Bentuk dan Makna Maskot the Phryges

Maskot Olimpiade Paris 2024 menyerupai topi Frigia, yaitu berbentuk kerucut dengan ujung atas yang bengkok. Ada 3 kombinasi warna pada maskot, yaitu biru, putih, dan merah yang serupa dengan warna bendera Prancis. Pada bagian depan dada maskot terdapat logo emas Olimpiade Paris 2024.

The Phryges membawa makna penting bagi dunia, bahwa olahraga dapat mengubah segalanya dan pantas mendapatkan peran utama dalam masyarakat. Olahraga dapat mengubah kehidupan.

Hal ini sejalan dengan slogan Olimpiade Paris 2024: “sendirian melangkah lebih cepat, bersama melangkah lebih jauh.” Slogan ini mewakili keinginan masyarakat dunia untuk menjadi lebih baik dengan bekerja secara berdampingan.

Nah, menurut Anda, bagaimana dengan maskot dan makna “the Phryges” pada Olimpiade Paris 2024?

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion