Connect with us

Sports

Format Championship Series Tak Lagi Digunakan Di Liga 1

Published

on

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus [bola]

Jakarta, Bindo.id – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, menyebutkan Liga 1 tak akan memakai format Championship Series mulai musim 2024/2025.

PT LIB dan PSSI telah resmi merilis jadwal pertandingan Liga 1 musim 2024/2025 yang akan digelar mulai tanggal 9 Agustus 2024.

Laga perdana kompetisi tertinggi Liga Indonesia tersebut akan mempertemukan juara Liga 1 musim lalu, yaitu Persib Bandung vs PSBS Biak yang menjadi juara Liga 2 2023/2024. Pertandingan pembuka antara 2 tim peraih gelar juara tersebut rencananya akan diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

Pernyataan tersebut dia sampaikan setelah konferensi pers PT LIB dan PSSI.

Konferensi pers tersebut terkait agenda liga serta Timnas Indonesia di Menara Danareksa, Kamis (20/6/2024).

“Kick off liga musim ini akan kita publish per hari ini bahwa kick off-nya akan dilakukan di tanggal 9 Agustus di Bandung,” tutur Ferry Paulus, Kamis (20/6/2024).

“Dimana (Persib) Bandung akan bertemu dengan juara (Liga 2) musim lalu, yaitu PSBS Biak,” imbuhhnya.

Ferry Paulus selaku Dirut PT LIB menerangkan Liga 1 Indonesia akan kembali memakai format kompetisi penuh.

Liga 1 tak akan memakai format Championship Series kembali seperti yang terjadi di musim 2023/2024.

Saat musim reguler, Borneo FC jadi juara disusul Persib Bandung di posisi kedua, sedangkan Bali United serta Madura United berda di urutan ketiga serta keempat.

Akan tetapi, di Championship Series, Borneo FC hanya dapat menjadi juara ketiga, selagi trofi diperoleh Persib Bandung.

Madura United yang berada di tempat keempat saat musim reguler justru menjadi runner-up, serta Bali United memperoleh juara keempat di laga Championship Series.

Banyak yang mempertanyakan format ini, seiring dengan rampungnya Liga 1 2023/2024.

Baca Juga  Jadwal Timnas Indonesia Vs Argentina dan Jadwal Penjualan Tiketnya

Saat ini Ferry Paulus sebagai Dirut PT LIB mengonfirmasi bahwa format itu tidak lagi dipakai di musim 2024/2025.

“Championship Series sudah gak ada. Jadi kita langsung kompetisi semusim penuh,” kata Ferry saat berada di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Ferry menerangkan alasan format Championship Series ditiadakan sebab tidak ingin Liga 1 bersenggolan dengan agenda Timnas Indonesia.

“Sebenarnya bukan tidak baik, ini banyak slot kebutuhan tim nasional yang harus dipenuhi. Kalau menggunakan Championship Series lagi, maka ini akan mundur jauh,” tutur Ferry Paulus, Kamis (20/6/2024).

“Championship Series ini sebetulnya animonya besar dari sisi produk sendiri gila. Tapi kebutuhan waktunya yang tidak mencukupi. Sehingga mau tidak mau kita harus balik ke full kompetisi,” pungkasnya.

PT LIB dan PSSI juga telah sepakat untuk meresmikan jadwal pertandingan Liga Indonesia untuk 3 musim ke depan, tepatnya sampai tahun 2027.

Keputusan tersebut diambil sebagai langkah agar bisa menyelaraskan agenda Timnas Indonesia agar tak saling bersenggolan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion