Connect with us

Politik

Jadwal Debat Pilkada Jawa Timur 2024 Akan Digelar 3 Kali

Published

on

Pengundian nomor urut paslon cagub-cawagub pilkada Jawa Timur 2024 [detik]

Surabaya, Bindo.id – Perhelatan debat dalam rangka Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024 akan diselenggarakan 3 kali dan temanya berbeda-beda.

Debat perdana akan diselenggarakan pada Jumat, 18 Oktober 2024. Acara debat akan diselenggarakan di Dyandra Convention Hall, Surabaya.

Tema debat perdana Pilgub Jatim yang dipilih yakni kebutuhan dasar serta kesejahteraan masyarakat. Total durasi debat yakni 180 menit.

Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Nur Salam, menuturkan ada 6 segmen dalam debat.

Keenam segmen itu yakni pemaparan visi-misi, pertanyaan panelis, penajaman visi-misi, segmen tanggapan masing masing pasangan calon, serta pernyataan penutup.

Para panelis berasal dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur serta praktisi. Mereka akan dilibatkan untuk menyusun rumusan pertanyaan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

“Tema debat perdana pilgub Jawa Timur adalah kebutuhan dasar dan kesejahteraan masyarakat yang kami tawarkan, nanti akan dirumuskan tim panelis,” ujar Nur Salam, Kamis (10/10/2024).

Debat Pilgub Jatim 2024 ini akan diikuti oleh 3 pasangan calon. Ketiga paslon tersebut yakni :

  • paslon nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim
  • nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Darda
  • paslon nomor urut 3 Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans

Di debat ini, masing masing pasangan calon diizinkan untuk membawa 100 pendukung. Pada debat pertama sampai ketiga nantinya juga akan dibagi beberapa subtema.

“Subtemanya mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, kependudukan dan kedaulatan pangan,” tuturnya.

Debat kedua dan ketiga

Penyelenggaraan debat kedua yakni  pada tanggal 3 November 2024. Debat kedua ini membahas tema ekonomi dan infrastruktur, pertumbuhan dan pemerataan sarana prasarana, serta tentang lapangan pekerjaan.

Sedangkan debat ketiga akan diselenggarakan pada tanggal 16 November 2024. Tema yang dibahas dalam debat ketiga ini yakni tema hukum birokrasi dan HAM dengan subtema birokrasi kebudayaan dan hukum.

Harapannya, debat pilgub Jatim 2024 ini menjadi ajang edukasi untuk pemilih serta dapat menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga  Bahas Mantan Napi Yang Nyaleg Lagi, KPU Akan Gelar Rapat Bersama Kemenkumham

Nur Salam menuturkan akan mengadakan persiapan optimal untuk memastikan debat dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.

“Untuk debat perdana ini kami lakukan semaksimal mungkin dalam bentuk desain formatnya, agar debat itu mampu menarik dan mampu memberikan pendidikan terhadap pemilih,” tuturnya.

Dia menuturkan debat ini sebagai bagian dari upaya KPU Jatim untuk memberikan fasilitasi kampanye pasangan calon berupa debat publik.

“Tentu diharapkan paslon mampu memaparkan rasionalisasi visi-misi mereka secara menarik di panggung itu,” tutur Nur Salam.

Harapan KPU Jatim adanya debat ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

Masyarakat bisa menentukan sesuai dengan visi-misi program yang secara gamblang dapat dilihat lewar acara debat kandidat ini.

Nur Salam memberikan imbauan kepada para pendukung paslon untuk dapat menjaga keamanan serta ketertiban selama berlangsungnya debat.

Dirinya yakin masyarakat Jawa Timur sudah sangat dewasa dengan konteks politik.

“Untuk pendukung masing-masing paslon, tentu kami berharap kedewasaannya bahwa acara ini lebih substansial,” ujarnya

“Kami memang optimistis bahwa tipologi masyarakat Jawa Timur itu dalam konteks politik sudah sangat dewasa,” imbuhnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion