Connect with us

Politik

4 Paslon Cagub-Cawagub Jawa Barat 2024 Resmi Ditetapkan KPU

Published

on

Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni [kpu]

Bandung, Bindo.id – Secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat sudah memenuhi syarat untuk ikut dalam Kontestasi petarung Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar pada tanggal 27 November 2024.

Keempat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tersebut yaitu :

  1. Dedi Mulyadi -Erwan Setiawan
  2. Ahmad Syaikhu -Ilham Akbar Habibie
  3. Jeje Wiradinata- Ronal Surapradja
  4. Ecep Adang Ruhiyat – Gitalis Dwi Natarina

KPU menyebutkan pihaknya sudah mengadakan sejumlah tahapan maupun masukan kepada masyarakat, sebelum melaksanakan penetapan 4 calon pada Pilgub Jabar 2024 ini.

“Hari ini KPU Provinsi Jawa Barat pada tanggal 22 September 2024 pukul 14.30 WIB tadi melakukan rapat pleno tertutup terkait dengan 4 paslon, dan ditetapkan 4 paslonnya memenuhi syarat semuanya,” ujar ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni saat berada di Holiday In Bandung, Minggu (22/9/2024).    

“Karena pada jeda kemarin di tanggal 15-18 ini kan Kita membuka tanggapan masyarakat ya, tanggal 15 sampai 18 kita membuka tanggapan masyarakat dan tidak ada untuk tempat ini nihil,” imbuhnya.  

Setelah penetapan pada tanggal 22 September 2024, Ummi menuturkan akan segera mengadakan pengundian nomor urut. Pengundian tersebut akan dilakukan pada Senin 23 September 2024.

“Tahapannya selanjutnya di tanggal 23 itu adalah pengundian nomor urut,” tuturnya.  

KPU akan mengadakan deklarasi damai bersama keempat paslon yang sudah ditetapkan dalam rangka mengkondusifkan gelaran pilkada aman dan nyaman.

“Kemudian nanti di tanggal 24-nya kita akan melakukan deklarasi damai,” ujarnya.  

Ummi menyebutkan keempat pasangan itu sudah menyerahkan 19 persyaratan dengan lengkap saat mendaftar sebagai peserta di pilkada Jawa Barat 2024.

 “Ada 19 item. Syarat calon, baik itu syarat pencalonan yang memang sudah masuk sebelum-sebelum dan syarat calon dan itu bisa dilihat di peraturan KPU,” tandasnya.    

Baca Juga  Pilkada Jateng 2024 PSI Dukung Luthfi-Yasin

Keempat paslon cagub-cawagub Jabar tersebut sudah mendaftarkan diri ke KPU Jabar pada tanggal 27- 29 Agustus 2024.

Keempat paslon tersebut yaitu :

  1. Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan
  2. Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie
  3. Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina alias Gita KDI
  4. Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja.

Dedi-Erwan sebagai pasangan paling gemuk yang mendapat dukungan koalisi Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, dan PSI.

Selain itu, pasangan Dedi-Erwan juga memperoleh dukungan dari 9 partai nonparlemen. Kesembilan partai tersebut yakni Hanura, Gelora, Garuda, PKN, Buruh, Prima, Perindo, PBB, serta Partai Ummat.  

Pasangan Syaikhu-Ilham didukung oleh PKS, NasDem serta PPP. Selanjutnya pasangan Acep-Gita diusung oleh PKB. Sedangkan pasangan Jeje-Ronal diusung oleh PDI Perjuangan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion