Connect with us

Politik

Resmi Daftar Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono Tiba Di KPU DKI

Published

on

Ridwan Kamil-Suswono resmi daftar pilkada jakarta 2024 [jawapos]

Jakarta, Bindo.id – Rabu siang pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta Ridwan Kamil-Suswono sampai di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

Kedatangan mereka ke KPU untuk mendaftar di Pilkada 2024.

Usai Pramono Anung-Rano Karno,
Ridwan Kamil-Suswono merupakan pasangan bacagub dan bacawagub kedua yang mendaftar di KPU DKI Jakarta. Perjalanan mereka diawali dari salah satu hotel di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Mereka datang bersama massa partai pendukung serta masyarakat.
Keduanya bersama rombongan sampai di Kantor KPU DKI pukul 13.55 WIB. Mereka juga diiringi pendukung, bendera, ondel-ondel dan beraneka ragam parade kostum maupun tarian.
Ada juga tanjidor dan barongsai yang ikut mengiringi kedatangan RK-Suswono.
Pasangan bakal cagub-cawagub Jakarta ini kompak menggunakan baju khas Betawi yaitu peci hitam, koko lengan panjang berwarna putih, celana batik coklat, sandal, serta sarung berwarna oranye yang diselempangkan pada leher.
Sesampainya di KPU DKI, keduanya kemudian langsung menyapa tim sukses beserta masyarakat sekitar yang ikut menyaksikan kehadirannya.
Perwakilan dari partai politik pengusung beserta pendukung turut mendampingi pasangan RK-Suswono. Ada juga perwakilan dari komunitas Betawi yang turut mengantar mereka.
“Mari dukung Ridwan Kamil-Suswono, maju terus pantang mundur,” ujar pendukung ketika RK-Suswono sampai di KPU DKI Jakarta.

Pasangan RK-Suswono maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 dengan dukungan dari sejumlah partai politik.

Koalisi yang mendukung pasangan Ridwan Kamil-Suswono yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PSI, PKB, NasDem, PPP, serta Perindro.
Pasangan cagub cawagub ini juga mendapat dukungan parpol nonparlemen, yaitu Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, PRIMA, serta Partai Kebangkitan Nusantara.
Arus lalu lintas yang ada di sekitar kantor KPU DKI dijaga oleh pihak kepolisian, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan DKI. Hal ini untuk memastikan bahwa kawasan aman serta steril selama pelaksanaan acara.
Pihak kepolisian jugaaq fokus menjaga
Pintu masuk dan luar gedung KPU DKI Jakarta selama pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) di Pilkada DKI 2024 dijaga oleh pihak kepolisian.
“Penjagaan kami fokuskan di gerbang masuk KPU DKI, area luar, dan dalam KPU DKI selama pendaftaran Pilkada 2024 ini,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat berada di Jakarta, Selasa.
Personel gabungan yang menjaga yakni Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, beserta instansi terkait.
Paling banyak penjagaan berada di pintu luar gerbang KPU DKI ada sebanyak 211 personel. Pada pintu masuk depan KPU DKI sebanyak 61 personel, di area gedung KPU DKI sebanyak 41 personel, serta sisanya berada di sekitar parkir KPU DKI dan jalan yang ada di sekitar gedung.
Pelaksanaan pendaftaran Pilkada DKI ini berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati beserta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.
Selama dua hari pertama yakni tanggal 27-28 Agustus pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI
dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.
Sedangkan pada tanggal 29 Agustus 2024 dilakukan pukul 08.00 sampai 23.59 WIB.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pemprov DKI Jakarta Mulai Bahas Titik Lokasi Pemasangan APK Pemilu 2024