Connect with us

Politik

Dharma-Kun Akan Bersaing Dengan Calon Dari Parpol Di Pilkada Jakarta 2024 Lewat Jalur Independen

Published

on

Dharma Pongrekun dan Kun Wardana akan bersaing di Pilgub Jakarta 2024 [republika]

Jakarta, Bindo.id – Di Pilkada 2024, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana akan bersaing dengan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh partai politik (parpol).

Dharma-Kun dinyatakan lolos menjalani verifikasi faktual kedua pencalonan Pilkada Jakarta di jalur independen.

Dharma-Kun selanjutnya dapat mendaftar menjadi peserta Pilkada Jakarta 2024 di jalur independen bersamaan dengan pendaftaran calon dari jalur parpol yang akan dibuka pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

“(Dharma-Kun) tinggal mendaftar di tanggal 27-29 Agustus 2024. Nanti satu tahap lagi tanggal 19, kami akan umumkan penetapan pemenuhan syarat dukungan calon perseorangan,” tutur Ketua Bidang Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Dody Wijaya saat di KPU Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2024).

Dody menyebutkan sejauh ini belum ada partai politik yang berkonsultasi dengan KPU Jakarta tentang pendaftaran calon yang akan mulai dibuka di pekan depan.

Akan tetapi, KPU Jakarta telah menyiapkan tempat dan juga panitia supaya pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur dapat berlangsung lancar.

“Sampai sejauh ini belum ada, tapi kami persiapan pertama dari sisi kepanitiaan, kami sudah membentuk panitia, kemudian dari sisi tempat sudah didesain lebih baik,” tuturnya.

Sebelumnya Dharma-Kun dinyatakan tak lolos di tahap verifikasi faktual pertama sebab kekurangan sebanyak 538.178 data dukungan pencalonan.

Dari 721.221 data yang diserahkan Dharma-Kun di tahap verifikasi administrasi, hanya terdapat 183.043 yang memenuhi syarat setelah pengecekan tim verifikator yang ada di lapangan.

Usai mengadakan perbaikan, mereka telah berhasil mengumpulkan data dukungan di tahap verifikasi administrasi dengan total jumlah yang memenuhi syarat sebanyak 826.766 dukungan.

“Dari 826.766 yang lolos verifikasi administrasi, data yang memenuhi syarat ada 494.467. Ditotal dengan verifikasi faktual pertama 183.001 menjadi 677.468 syarat dukungan,” ujar Dody.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Proyek MRT Fase 2, Dishub DKI Rekayasa Lalin di Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk