Connect with us

Peristiwa

Terjadi Kebakaran Di Manggarai, Diduga Penyebabnya Berasal Dari Korsleting Charger HP

Published

on

Terjadi kebakaran di Manggarai, diduga penyebabnya berasal dari korsleting charger HP [viva]

Jakarta, Bindo – Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda menuturkan kebakaran itu terjadi di Jalan Dr. Saharjo I, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan sekitar pukul 02.30 dini hari

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan memprediksi penyebab kebakaran asalnya dari korsleting ketika pengisian daya ponsel di salah satu rumah warga.

“Menurut keterangan dari Bapak Sukiman Ketua RT 02 RW 06, sumber kebakaran dari charger handphone,” ujar Syamsul Huda, Selasa (13/8/2024).

Lurah Manggarai Arafat Dinsirat  sebelumnya menuturkan kebakaran asalnya dari korsleting listrik yang bersumber dari salah satu rumah warga.

“Dugaannya sementara karena korsleting listrik berdasarkan keterangan saksi dari warga,” tutur Arafat.

Dirinya berpendapat kebakaran di kawasan Jalan Dr. Saharjo I ini melanda 2 RW di Kelurahan Manggarai, yaitu RW 06 dan RW 12. Kedua RW tersebut dihuni sebanyak 15 RT.

Dirinya menambahkan jumlah bangunan yang terkena dampak diprediksi ada ratusan, akan tetapi belum memastikannya sebab masih dilaksanakan proses pendataan.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mempersiapkan fasilitas pengungsian untuk warga yang terdampak kebakaran di Jalan Remaja 5.

Pengungsian tersebut lokasinya ada di RW 7 Masjid Al Falah, SD 05 RW 9, Pos RW 12 serta parkiran Stasiun Kereta Api Bandara.

Pada setiap posko akan disediakan petugas Dinas Sosial untuk mempersiapkan kesiapan logistik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk melakukan pencetakan kembali dokumen terbakar serta Dinas Kesehatan untuk memastikan kebutuhan warga yang terkena dampak peristiwa ini.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan sebelumnya telah menerjunkan sebanyak 120 personel untuk memadamkan api yang ada di Jalan Remaja 5.

Baca Juga  Satpam Tewas Saat Kebakaran Terjadi Di SMAN 6 Jakarta Selatan

BPBD DKI Jakarta menuturkan ada 7 orang yang terluka imbas dari kebakaran pemukiman padat penduduk yang melanda Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan.

Kebakaran pemukiman ini juga mengakibatkan 3.019 dari 1.050 KK terpaksa mengungsi di tempat yang lebih aman. 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion