Connect with us

Peristiwa

Kebakaran Di Taman Bunga Celosia Kabupaten Semarang Kerugiaannya Mencapai 1 Miliar

Published

on

Kerugian dampak kebakaran di Taman Bunga Celosia Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang diprediksi nilainya lebih dari Rp 1 miliar [radarkudus]

Ungaran, Bindo.id Kerugian dampak kebakaran di Taman Bunga Celosia Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang diprediksi nilainya lebih dari Rp 1 miliar.

Kebakaran tersebut terjadi pada Selasa (6/8/2024) di restoran Snail Cafe.

Direktur Legal Taman Bunga Celosia Hubertus Setiyono menuturkan dampak kerugian sangat besar sebab api melahap hampir semua bangunan yang ada di restoran.

“Kerugian karena kejadian hari ini terhitung tinggi ya, untuk bangunan saja mencapai Rp 1 miliar,” tutur pria yang akrab disapa Tyo ini.

Tyo menyebutkan saat terjadi peristiwa itu, restoran kondisinya sedang tutup serta tersisa 2 karyawan yang sedang membereskan peralatan.

“Keadaan sudah sepi, karena memang setiap hari manajemen tutup pukul 16.30 WIB. Tidak ada konsumen juga di restoran, sehingga tidak ada korban dalam kejadian ini,” ujarnya.

Tyo menuturkan penyebab kebakaran disebabkan adanya gas yang bocor disusul dengan korsleting listrik.

“Sehingga ada ledakan dari lampu dan kaca bangunan. Untuk bangunan lain kondisi aman, hanya gosong karena terkena asap kebakaran,” tutur Tyo.

Laboratorium untuk pengembangan hortikultura yang berada di bawah restoran juga ikut terbakar.

“Habis semua itu yang ada di laboratorium (hangus). Karena memang sudah menjelang tutup sehingga tidak banyak yang bisa diselamatkan,” ujarnya.

Dirinya juga memastikan karyawan Celosia sudah melakukan prosedur keamanan saat kebakaran.

“Karyawan sudah mencoba dengan alat pemadam, namun karena di restoran banyak barang yang mudah terbakar, maka api membesar. Selanjutnya kami melapor ke pemadam kebakaran,” ujarnya.

Kabid Ketentraman dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten Semarang Sri Puji Hartono menuturkan kebakaran diduga disebabkan adanya korsleting arus listrik.

“Dari bagian dapur, lalu merambat ke depan, ke arah Snail Cafe. Karena di sini banyak bahan yang mudah terbakar, seperti karpet sintetis, api mudah membesar,” tuturnya.

Baca Juga  14 Saksi Diperiksa Pihak Kepolisian Dalam Pengusutan Kebakaran Di Museum Nasional Indonesia

Dirinya menuturkan armada yang dikerahkan berasal dari semua Pos Damkar Kabupaten Semarang. Pada pukul 17.30 WIB api sudah dapat dikendalikan serta dilakukan pendinginan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion