Connect with us

Info Regional

Perkuat Sinergi, JPPI dan PME Jalin Kerja Sama Penyediaan Pekerjaan Docking dan Sparepart

Published

on

Foto istimewa/JPPI

JAKARTA (Bindo.id) – Bertempat di Gedung Pelindo Tower, guna mewujudkan sinergi BUMN, PT. Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) selaku anak usaha PT Pelindo Jasa Maritim dan PT Pertamina Marine Engineering (PME) selaku Anak Usaha PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menandatangani Perjanjian Kerja Sama Penyediaan Pekerjaan Docking dan Sparepart untuk jangka waktu dua tahun terhitung sejak kontrak ditandatangani.

Sinergi antara JPPI dengan PME ini mencakup pengadaan jasa Docking Repair dan Emergency Repair kapal, pengadaan Suku Cadang Mesin dan Sistem Propulsi, pengadaan Consumable Part dan Material Lainnya serta penyediaan tenaga ahli/expertise.

Adapun kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Surat Perjanjian oleh Direktur Utama JPPI, Budi Pratomo dan Direktur PME, Heri Santika. Penandatanganan Surat Perjanjian ini juga disaksikan oleh Adi Priyatmono selaku SVP Manajemen Transformasi PT Pelindo Jasa Maritim sekaligus Komisaris JPPI, Slamet Harianto selaku Direktur Operasi PT Pertamina Trans Kontinental dan Uly Yulianty Koswara selaku VP Marine & Terminal Services PT Pertamina International Shipping.

“Kami berharap dengan kerja sama ini, JPPI dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat mendatangkan peluang baru seperti permintaan penggunaan dockyard, perbaikan kapal maupun penyediaan sparepart. Sinergi antar anak usaha BUMN ini menjadi lebih kuat dengan saling mendukung dalam lini bisnis yang sama. Kedepan, tidak hanya terkunci pada kerja sama ini, namun juga terbuka kerja sama lainnya seperti dalam bidang peningkatan kualitas SDM berupa benchmark atau pelatihan yang mendukung pelayanan kedua belah pihak.” Ujar Direktur Utama JPPI, Budi Pratomo.

Direktur PME, Heri Santika mengungkapkan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam operasi pelabuhan dan kelautan, sekaligus memastikan ketersediaan sparepart berkualitas tinggi untuk perawatan dan layanan docking kapal. Kedua perusahaan berkomitmen untuk mendukung kebutuhan operasional masing-masing dengan mengedepankan sinergi yang saling menguntungkan berlandaskan prinsip tata kelola perusahaan yang baik, guna menghadirkan solusi yang inovatif dan berstandar tinggi dalam industri maritim.

“Kolaborasi strategis antar BUMN ini merupakan langkah penting bagi kami dalam memperluas jangkauan layanan di industri maritim. Kami berharap, melalui sinergi ini, lebih banyak perusahaan nasional maupun internasional yang akan memanfaatkan layanan dockyard kami. Dengan demikian, kami dapat secara bertahap mewujudkan misi untuk menjadi perusahaan yang mampu bersaing di pasar global” ungkap Heri Santika.

Di tempat yang sama, Direktur Operasi PTK mengapresiasi langkah PME untuk memperkuat kemitraan dengan JPPI dengan penandatangan kontrak terkait docking dan penyediaan sparepart. 

Baca Juga  Subholding Pelindo Sosialisasikan Transformasi Pelabuhan Tanjung Wangi ke Pengguna Jasa

“Kerjasama antara PME dan JPPI ini diharapkan membuka peluang baru dalam investasi bisnis dan menjadi langkah awal PME menuju perusahaan kelas dunia dengan menguatkan kompetensinya di sektor maritim” tutup Slamet Harianto. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion