Connect with us

Info Regional

Pelindo Regional 2 Dukung Kemandirian & Produktifitas Pondok Pesantren Ruhama Melalui Program Eduwisata

Published

on

Foto istimewa/Pelindo Regional 2

BOGOR (Bindo.id). PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 melalui Pelindo Regional 2 Tanjung Priok menjalankan program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana bagi Pondok Pesantren Ruhama. 

Berlokasi di Tajur Halang, Kabupaten Bogor Jawa Barat, *Kamis 3 Oktober 2024* telah dilakukan *Kick Off Program Pondok Eduwisata Ruhama*. Program ini bertujuan untuk menciptakan destinasi wisata baru berbasis edukasi yang dikelola oleh pesantren Ruhama sebagai upaya Pelindo dalam mendukung peningkatan produktifitas dan kemandirian dari segi ekonomi.

Turut hadir pada kegiatan Kick Off hari itu diantaranya, Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 2, Astrid Unggul Pawestri, Manager Pelayanan SDM, Umum dan KBL Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Lukman Salamudin, Pimpinan Pondok Pesantren Ruhama, Ustad Salman Abdul Hamid serta General Manager Operation Pilantra, Azlia Sofni.

*Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 2, Astrid Unggul Pawestri*, mewakili Executive Director 2 Regional 2 Pelindo Drajat Sulistyo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para pengurus dan teman-teman Pondok Pesantren Ruhama serta Pilantra yang sudah menjembatani pengembangan pesantren Ruhama melalui program Pondok Eduwisata yang mendukung kemandirian dan produktifitas teman-teman santri sehingga nantinya dapat mandiri, utamanya teman-teman santri yang lulus dari pesantren Ruhama harapannya bisa menularkan jiwa wirausahanya kepada masyarakat diluar lingkungan pesantren, sehingga dapat mendukung perekonomian.

Astrid Unggul Pawestri juga menambahkan, ini semua tidak lepas dari peran serta para guru dan pembimbing di pondok pesantren Ruhama yang sudah mengembangkan usahanya pada bidang pertanian dan peternakan melalui program Pondok Eduwisata, semoga kedepannya kami (Pelindo) dapat terus berpartisipasi dan bekerjasama memajukan pondok pesantren Ruhama.

Senada dengan Astrid Unggul Pawestri, *Manager Pelayanan SDM, Umum dan KBL Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Lukman Salamudin* mengatakan, untuk program Pondok Eduwisata Ruhama ini nantinya kita akan minta pendampingan dari teman-teman Pilantra untuk secara periodik memantau progresnya, harapannya semoga program Eduwisata ini tidak hanya bermanfaat bagi pesantren Ruhama, tapi juga bagi para santri, yang mana selain sebagai sarana pendidikan, Pondok Pesantren Ruhama juga dapat dikembangkan sebagai tempat Agro Wisata. Insya Allah mudah-mudahan apa yang kita rencanakan bersama hasilnya bisa maksimal dan berdampak baik bagi generasi mendatang.

*Pimpinan Pondok Pesantren Ruhama, Ustad Salman Abdul Hamid* lulusan dari Saulatiyah Mekkah Al Mukarromah menyampaikan sangat senang serta berterima kasih kepada Pelindo dan Pilantra. Berkat bantuan yang Pelindo berikan, kami dapat mengembangkan pesantren ini melalui program Pondok Eduwisata Ruhama, dimana dalam pengelolaannya melibatkan seluruh peserta didik (santri) pesantren Ruhama.

Baca Juga  Pelindo Regional 2 Berikan Mobil Ambulance Kepada Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan

Selain menimba ilmu agama, para santri disini juga diajak belajar usaha bersama, dan yang sedang berjalan saat ini adalah usaha pertanian dan peternakan, dimana pada bidang pertanian berupa penanaman buah durian, alpukat, anggur dan sayur mayur, sedangkan dalam bidang peternakan kami mempunyai peternakan kambing sebagai komoditas hewan kurban dan selain itu kami juga menjual susu kambing yang siap dikonsumsi, Alhamdulillah sudah 3 bulan terakhir ini Pondok Eduwisata Ruhama sudah menerima 3 kunjungan dari pihak luar yang datang berwisata ke Ruhama untuk melihat secara langsung usaha yang kami jalankan.

Dalam kutipannya Salman Abdul Hamid mengatakan “Tolong kawal kami supaya apa yang kita lakukan ini bisa berjalan maksimal, tepat sasaran, amanah dan jujur, sehingga harapannya melalui program ini dapat menghasilkan generas-generasi yang baik, karena Ruhama ini didirikan khusus untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan”.

Harapannya dengan usaha yang kami jalankan sekarang dapat membantu kebutuhan operasional Pondok Pesantren Ruhama, mudah-mudahan program Eduwisata Ruhama ini dapat menjadi program yang luar biasa, tutup Salman Abdul Hamid.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan secara simbolis dan meninjau bersama lokasi usaha pertanian dan peternakan yang dikelola oleh Pondok Pesantren Ruhama.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *