Connect with us

Info Regional

Sabo Dam Hingga Rumah Akan Dibangun Kementerian PUPR Pasca Terjadi Banjir Di Ternate

Published

on

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono [haliyora]

Ternate, Bindo.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan penanganan pasca-bencana banjir di Rua, Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa (3/9/2024).

Kementerian PUPR akan melakukan perbaiksn jalur sungai untuk penanganan banjir di Rua.

Selain itu juga membuat sebanyak 20 sabo dam di sepanjang sungai bagian selatan sebab Pulau Ternate mempunyai 15 kali mati atau barangka.

“Kita akan bangun 20 sabo dam yang tersebar di sungai bagian selatan yang akan kita desain sampai akhir tahun. Masing-masing sungai minimal ada 2 sabo. Di bagian utara sudah ada 22 sabo,” tutur Basuki dilansir dari unggahan akun X Kementerian PUPR.

Fungsi Sabo dam yakni untuk menahan aliran air serta material sedimen yang memiliki potensi menghantam permukiman. Peringatan dini banjir bisa diberikan dengan hadirnya sabo dam ini.

Selain itu, Kementerian PUPR bersama dengan Pemerintah Kota Ternate juga akan melakukan relokasi warga yang terkena dampak banjir bandang serta membangun 50 unit rumah baru tipe 36. Selain itu juga membangun sekolah dan mushala.

Kementerian PUPR memobilisasi 3 unit excavator, 2 unit dump truck, menyiagakan 70 orang personel BWS Maluku Utara sebagai upaya tanggap darurat.

Sedangkan BPPW Maluku Utara memobilisasi 1 unit dump truck, 8 unit hidran umum, 2 unit mobil tangki air serta menyiagakan 25 personel.

Akses jalan nasional saat ini sudah dapat dilewati sepenuhnya. Alur sungai eksisting juga telah dibuka dan juga selesai diukur.

Progres pembersihan serta pembuangan material ke disposal area kini sudah mencapai 80 persen.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jawaban Gibran Saat Ditanya Jokowi Terkait Banjir Di Solo