Connect with us

Info Regional

KSOP Cirebon Gelar Bimtek SMRT Wilker Jabar

Published

on

Foto istimewa/ditjenhubla

CIREBON (Bindo.id) – Kemampuan membuat konten media sosial yang kreatif menjadi faktor kunci dalam menyebarkan informasi kepada publik. 

Menurut Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon, Een Nuraini Saidah, pesan yang menarik akan lebih mudah menarik perhatian masyarakat, khususnya para pengguna jasa transportasi laut.

“Kantor KSOP Kelas II Cirebon sebagai koordinator UPT Ditjen Hubla di Jawa Barat terus berusaha meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan Sumber Daya Manusia di bidang Kehumasan, termasuk kemampuan dalam membuat konten kreatif di media sosial,” urai Een pada pembukaan kegiatan Bimtek SMRT Korwil Jawa Barat Tahun 2024, yang digelar di Hotel Patra Cirebon, Kamis (26/9/2024).

Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan kapasitas seluruh anggota SMRT se-korwil Jawa Barat yang berperan penting dalam menyebarluaskan informasi dan kinerja di lingkungan UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Dia menilai, kemampuan SDM di bidang pembuatan konten kreatif ini merupakan salah satu faktor penting dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat secara cepat, tepat, dan akurat mengenai kinerja Ditjen Hubla, khususnya kinerja UPT-UPT di wilayah korwil Jawa Barat.

“Keberadaan konten kreatif sangat penting dalam strategi media sosial, karena konten yang menarik dapat menarik perhatian orang dan mendorong mereka untuk berinteraksi. Selain itu, konten kreatif juga membantu menyampaikan pesan secara lebih efektif kepada masyarakat. Misalnya, dengan menggunakan gambar, video, infografis, atau meme yang lucu, pesan atau informasi dapat disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh Masyarakat,” jabarnya.

Dia berharap, penyelenggaraan kegiatan ini tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan anggota SMRT dalam menghasilkan ide-ide kreatif dan menarik yang akan meningkat, tetapi juga dapat menjadi wadah untuk mulai membuktikan kemampuan mereka dalam mengelola media sosial dengan lebih efektif dan professional.

Baca Juga  OP Priok Gelar Bimtek Teknologi Informasi, Tingkatkan Talenta Digital Personel Kehumasan

Pada kesempatan yang sama, Kasubbag TU KSOP Kelas II Cirebon Muhammad Mifdhal mengungkapkan, Bimtek SMRT Korwil Jabar Tahun 2024 ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya untuk menjawab tantangan dan kebutuhan terhadap peningkatan kapasitas para anggota Social Media Response Team atau SMRT.

“Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi yang berkembang pesat, SMRT yang merupakan garda terdepan dalam menyebarluaskan informasi dan kinerja Ditjen Perhubungan Laut secara cepat dan akurat melalui kanal media sosial, ditantang untuk dapat membuat konten yang menarik dan informatif,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini, yakni guna meningkatkan kemampuan para personel humas dan anggota Tim SMRT dalam menghasilkan konten publikasi kepada Masyarakat, baik dalam bentuk Siaran Pers maupun konten media sosial.

“Kami berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, peserta dapat menyusun siaran pers yang baik dan benar serta mampu menerjemahkan suatu ide/gagasan menjadi konten yang menarik di media sosial, baik kemampuan menyusun narasi, mengambil gambar, editing, serta pemanfaatan aplikasi-aplikasi lain yang dapat digunakan untuk membuat sebuah konten,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bimtek SMRT Korwil Jawa Barat Tahun 2024 yang dilaksanakan dengan mengangkat tema “SMRT, Let’s Start It!” ini diikuti oleh para Anggota SMRT dan personil kehumasan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di wilayah korwil Jawa Barat. 

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini, adalah Kepala Bagian Organisasi dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Hary Bowo Seno Putro dan Capcut Expert Editing Style Mas Muhammad Syarif Hidayatullah. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *