Connect with us

Info Regional

Tim KSOP Cirebon Aksi Cepat Terhadap Kebocoran Tugboat TB Hub 19/ TK Highline 52 Berbendera Malaysia

Published

on

Foto istimewa/djpl

CIREBON (Bindo.id) – Kantor KSOP Kelas II Cirebon bersama stakeholder terkait berhasil menyandarkan Kapal Tugboat TB. HUB 19 menarik tongkang Tk. Highline 52, yang mengalami kebocoran, Senin (19/8/2024).

“Awal kejadian pada Sabtu (10/8/2024) Kantor KSOP Cirebon menerima laporan dari VTS (Vessel Traffic Service), telah terjadi sebuah insiden di perairan Cirebon. Insiden tersebut terjadi pada kapal berbendera Malaysia tugboat TB. HUB 19, menarik tongkang Tk. Highline 52 bermuatan yang mengalami kebocoran dan kondisi kapal mengalami sedikit kemiringan,” jelas Kepala KSOP Kelas II Cirebon Een Nuraini, Senin (19/8/2024).

Menurutnya, Kapal tugboat TB. HUB 19 berbendera Malaysia dengan nomor IMO 9616321 dan callsign 9WLC8, berada dalam perjalanan dari Surat Thani menuju Cirebon.

Saat kebocoran terjadi, berada di posisi 06° 42.510′ S dan 108° 37.202′ E. 

Setelah menerima laporan tersebut Kantor KSOP Kelas II Cirebon menghubungi stakeholder terkait yaitu PT Pelindo dan agen PT Dwidaya Agensi untuk membahas rencana proses evakuasi kapal beserta muatan sebanyak 9.500 MT gypsum.

Tim QRT Kantor KSOP Kelas II Cirebon segera melakukan aksi tindak lanjut dengan menggunakan Kapal Patroli KN.P. 357 untuk melakukan pengawasan secara langsung pada saat pelaksanaan  survey pendahuluan, proses transfer sebagian muatan ke kapal Tb. Highline 52 dengan Tk. Temujin, agar kapal dapat dievakuasi dan bersandar di dermaga.

“Alhamdulillah hari ini pukul 09.00 semua kapal asing tersebut dapat di sandarkan di Dermaga Linggar Jati dengan pengawasan dan pengawalan Kapal KN. 357 milik KSOP Kelas II Cirebon,” tutup Een. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  KSOP Cirebon Fasilitasi PKL Diklat Penyelenggaraan Pelabuhan dan Otoritas
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *