Connect with us

Info Regional

Menparekraf Dorong Pelaku Usaha Berinvestasi pada Pariwisata Berkelanjutan di Bali

Published

on

Foto istimewa/

BALI (Bindo.id)  – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan The 9th Edition Of Thinc Indonesia in Bali, yang telah menggagas konferensi dan networking terbesar dalam industri perhotelan. 

Menparekraf saat menjadi pembicara pada acara “The 9th Edition Of Thinc Indonesia in Bali Sesi Fireside Chat” di Sofitel Nusa Dua Bali, Rabu (7/8/2024), menyampaikan event ini akan mendorong lebih banyak investor yang menanamkan modalnya untuk mendukung perkembangan pariwisata berkelanjutan dan berkualitas, khususnya di Bali. 

“Sukses untuk Thinc dan hopefully bisa menghadirkan investasi yang berkualitas dan berkelanjutan pada sektor pariwisata,” ujar Menparekraf.

Pada event ini Menparekraf memaparkan berbagai peluang investasi yang bisa dilakukan di industri pariwisata Bali. Di antaranya menjelaskan peningkatan kedatangan wisman ke Bali pada 2024 telah tumbuh di atas 20 persen. 

Sampai saat ini kunjungan wisman ke Bali sudah di atas 21 ribu. Namun yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah adalah pemerataan wisatawan agar tidak terjadi overtourism.

“Nah jangan sampai terjadi seperti di Barcelona di mana turis itu malah menjadi musuh bersama, kita inginkan tetap kondusif karena saya bicara dengan beberapa asosiasi perhotelan okupansinya sudah membaik. Tapi kita harus jaga ini agar mereka mendapat pengalaman terbaik,” paparnya.

Kini pemerintah pun sedang membangun proyek MRT di Bali, yang diharapkan menjadi solusi untuk menekan kemacetan, khususnya di sejumlah daerah di Bali Selatan.

Selain itu, pemerintah juga sedang membangun konektivitas Banyuwangi-Bali Barat (BBB), yang diharapkan bisa menjadi umpan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa tersebut. 

Dengan harapan wisatawan mendarat ke Banyuwangi terlebih dahulu, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bali atau sebaliknya. 

Baca Juga  Hadirkan Pariwisata Nyaman di Labuan Bajo, Kemenparekraf Perkuat Kolaborasi dengan Grab

“Pekerjaan rumah sekarang adalah mendistribusikan kunjungan wisman ke Bali ini di area lain di luar Bali Selatan. Kita harapkan ini bisa dilakukan dari bantuan pembangunan investasi di Bali Barat, Bali Utara, dan juga Bali Timur,” kata Menparekraf.  

Apalagi sekarang, kebijakan golden visa yang baru saja diluncurkan oleh Presiden Jokowi, bisa menjadi daya tarik investor untuk berkarya dan berinvestasi di Indonesia. 

“Adanya layanan golden visa mampu meningkatkan fasilitas pariwisata dan ekonomi digital, yang akan memberikan dampak positif kepada pariwisata domestik,” ungkapnya.

Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizky Handayani; dan Direktur Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit. 

Turut hadir Investor, Co-CEO Indies Capital, Founding Partner-AC Ventures, Pandu Patria Sjahrir. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion