Connect with us

Info Regional

Kostrad Berikan Bantuan Instalasi Air Bersih Kepada Warga Pesisir Di Serang

Published

on

Kostrad memberikan bantuan instalasi air bersih kepada warga pesisir di Serang [antara]

Serang, Bindo.id – Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat) memberikan bantuan 2 instalasi air bersih di Daerah pesisir Kota Serang yang berada di Kecamatan Kasemen.

Instalasi memiliki total penampungan 10 ribu lebih liter air diberikan kepada penduduk yang tinggal di kawasan sulit air bersih.

Kelurahan Bendung dan Terumbu juga memperoleh masing-masing 2 instalasi air bersih.

Air bersih ini disalurkan kepada ratusan warga yang berada di dua kelurahan itu agar bisa memenuhi kebutuhan air minum serta penunjang lainnya.

Di instalasi air ini terdapat penampungan air bersih yang masing-masing berisi 5000 liter lebih. Setiap penampungan, air dapat digunakan bagi ratusan kepala warga yang ada di dua kelurahan tersebut.

“Titir air khususnya untuk masyarakat yang kekurangan air. Ada dua titik, Bendung dan Terumbu di Kecamatan Kasemen,” ujar Yedi saat di lokasi penampungan air, Minggu (11/8/2024).

Bantuan dari Kostrad ini sebagai program dari TNI AD Manunggal Air. Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa akan meresmikan secara langsung pada Senin (12/8).

Yedi menuturkan bantuan dari Kostrad tersebut mendapat sambutan baik oleh Pemkot Serang sebab dapat memberikan imbas secara langsung bagi warga di Kasemen. Apabila kemarau datang, daerah kecamatan ini katanya sering terkena krisis air.

“Kemarau panjang pun masih ada air,” ujarnya.

Harapan Yedi, warga dapat menggunakan air dari bantuan Kostrad tersebut secara maksimal termasuk digunakan untuk konsumsi. Terlebih, air yang ada di daerah ini terkenal payau atau bahkan asin.

“Dengan adanya air ini, ibu-ibu bisa kebantu ya, karena tadi kita sudah nyobain semua, Alhamdulillahairnya sudah tidak payau dan bisa dikonsumsi,” ujar Yedi ke warga di Terumbu.

Warga yang bernama Rohimah menuturkan warga Terumbu sehari-hari memang menggunakan air khususnya dari irigasi. Air irigasi mereka manfaatkan misalkan untuk mencuci.

“Airnya di sini asin, kalau nggak ngalir (irigasi) ya nggak ada air, ya susah,” tutur Rohimah.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih Gelar Best of The Best dalam Ajang ENSIA Award 2024