Connect with us

Info Regional

Kontribusi Pelindo pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Diganjar Penghargaan

Published

on

Foto istimewa/pelindo

JAKARTA (Bindo.id) – Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT Terminal Petikemas Surabaya, PT Jasa Armada Indonesia, Tbk (IDX: IPCM)., dan PT Pelindo Marine Service (dari grup usaha BUMN Pelindo) peroleh ganjaran sejumlah penghargaan pada The 4th TJSL & CSR Award 2024 di Jakarta, Rabu (30/7/2024) malam.

Ajang penghargaan nasional yang dihelat tahunan BUMN Track dan Indonesia Shared Vakue Indonesia (ISVI) tersebut diikuti sekitar 97 entitas bisnis BUMN di Indonesia.

Ketua Komite Penilai TJSL & CSR Award 2024, sekaligus Founder & Chairman ISVI, Thendri Supriatno mengatakan, TJSL & CSR Award 2024 tahun ke-4 fokus pada kontribusi TJSL BUMN dalam mendukung pencapaian SDG’s.

Selain program yang harus in-line dengan empat pilar SDG’s, terdapat enam aspek penilaian terkait kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, keberlanjutan serta dokumen pelengkap.

“TJSL BUMN diharapkan mampu memberikan value bagi perusahaan sekaligus menjadi strategic management yang terukur dampaknya. Sebagai bagian dari pendekatan bisnis perusahaan, Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dijalankan dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya, serta dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Thendri dalam keterangan tertulis, Senin (5/8/2024).

Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko Pelindo Marine, Lia Indi Agustiana, pada malam penganugerahan, mengungapkan syukur atas apresiasi Gold Winner yang disematkan pada Program Kampung Seng Tangguh.

“Kampung Seng Tangguh merupakan Program TJSL Pelindo Marine yang secara berkelanjutan memberdayakan kampung binaanya di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dalam tiga prioritas sekaligus, yakni lingkungan, pendidikan, dan pengembangan UMK (Usaha Mikro dan Kecil),” jelasnya.

Lia melanjutkan, peran prinsip keberlanjutan merupakan variabel yang tak terpisahkan dalam strategi implementasi Program TJSL.

Baca Juga  FIFGROUP Raih Penghargaan 'The Most Inspiring CEO' dari iCIO Community

Terutama pada bidang prioritas lingkungan, pendidikan, dan pengembangan UMK.

“Kelestarian lingkungan penting untuk menjadi tempat belajar anak dan mendukung inkubasi pengembangan UMK warga. Pendidikan berkualitas menjadi investasi jangka panjang yang terbaik bagi perekonomian warga dan lingkungan setempatnya. Lalu pengembangan UMK yang merupakan sumber mata pencaharian mayoritas di sektor informal, tentunya menjadi tulang punggung dari terciptanya lingkungan yang lestari dan situasi yang kondusif untuk belajar anak-anak. Semuanya saling berkaitan untuk pemberdayaan berkelanjutan yang sejalan SDGs” urainya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahaan PT Jasa Armada Indonesia, Tbk. Eddy Haristiani, juga mengungkapkan terima kasih atas apresiasi Gold Winner untuk Program Desa Binaan #TenunNyaman yang diterapkannya di Pulau Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sebagai bagian dari BUMN Pelindo Group, kami juga turut menjalankan peran dalam mendukung program Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) dan program prioritas TJSL Kementerian BUMN salah satunya yakni melalui Pengembangan Ekonomi melalui Usaha Mikro & Kecil (UMK) #TenunNyaman,” ujar Eddy.

Dia menambahkan, sebagai perusahaan terbuka, keberlanjutan menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan segala aktivitas bisnis operasional perusahaan khususnya aspek Lingkungan (Environmental), Sosial (Social) dan Tata Kelola (Governance) guna terus membangun kepercayaan investor.

Program TJSL #TenunNyaman, merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan untuk terus memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat melalui pengembangan potensi lokal dalam menciptakan multiplier effect bagi kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu Eddy juga meraih penghargaan sebagai Strong Commitment Senior Officer on Social Program CSR.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion