Connect with us

Info Regional

Kinerja IPC TPK di Semester I-2024 Tumbuh Positif

Published

on

Foto istimewa/ipctpk

JAKARTA (Bindo.id) – IPC Terminal Petikemas (TPK) anak usaha Pelindo Terminal Petikemas mencatat kinerja positif pada semester 1 tahun 2024 dengan total pertumbuhan volume petikemas sebanyak 1.455.298 TEUs tumbuh 3,19% dibanding tahun sebelumnya sebanyak 1.410.341 TEUs.

Peningkatan ini dipengaruhi sejumlah faktor diantaranya adanya peningkatan jumlah vessel call di beberapa area kerja IPC TPK seperti Tanjung Priok untuk kapal internasional serta Pontianak Palembang dan Jambi untuk kapal domestik.

“Kami optimistis di tahun 2024 ini kinerja operasional akan tumbuh dibanding tahun sebelumnya. Di semester 1 kami melayani beberapa kapal ad hoc dan service baru untuk domestic. Dari sisi operasional kami melakukan transformasi di seluruh area kerja untuk memastikan optimalisasi layanan bongkar muat agar kapal yang sandar dapat dilayani dengan cepat dan efisien,” ujar Corporate Secretary IPC TPK Pramestie Wulandary, Jumat (2/8/2024).

Sepanjang semester 1 tahun 2024, IPC TPK mencatat kunjungan kapal sebanyak 2.396 unit di seluruh area kerja. Hal ini mengalami penurunan 0,84% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Melansir Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif nilai ekspor Indonesia sepanjang semester 1 tahun 2024 mengalami penurunan 2,76% dibanding periode yang sama di tahun lalu.

Sementara nilai impor Indonesia di sepanjang semester 1 tahun 2024 mengalami kenaikan 0,84% dibanding periode sebelumnya.

“Berdasarkan laporan tersebut, IPC TPK tetap memberikan performa terbaiknya meski di kala pertumbuhan ekspor-impor sedang melesu,” ungkapnya.

IPC TPK menargetkan arus petikemas sepanjang 2024 sebanyak 3,2 juta TEUs.

“Selain transformasi operasi, kami berkolaborasi dengan pelayaran dalam mendorong transhipment hub dengan menyediakan layanan feeder dari beberapa pelabuhan seperti Jambi dan Panjang dalam mencapai target sesuai harapan pemegang saham,” tutup Pramestie. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  IPC TPK Layani Pelayaran Perdana Kapal Feeder Rute Jambi-Jakarta