Connect with us

Info Regional

Implementasikan Layanan Digitalisasi, Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Terapkan New Gate Pass System

Published

on

Foto istimewa/ksopsundakelapa

JAKARTA (Bindo.id) – Pelabuhan Sunda Kelapa terus melakukan digitalisasi sebagai salah satu inisiatif strategis yang dimulai pada tahun lalu hingga tahun ini melalui Digitalisasi Layanan Pelabuhan di Sunda Kelapa.

Digitalisasi sangat penting karena menawarkan peluang transformasi yang luar biasa dan memiliki potensi besar untuk meraih keunggulan kompetitif. Proses bisnis yang terotomatisasi dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan mempercepat pengambilan keputusan.

“Pada Tanggal 1 Juli 2024, Pelindo Sunda Kelapa sudah sukseskan Launching New Gate Pass System” ujar Bapak Agus Edi Santoso selaku General Manager PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Sunda Kelapa di Jakarta, Senin (31/07/2024).

New Gate Pass System ini merupakan system fasilitas layanan di Pelabuhan yang mempermudah para mitra untuk masuk Pelabuhan secara Otomasi menggunakan kartu uang elektronik. New Gate Pass System ini juga merupakan salah satu bukti nyata dari Pelindo Sunda Kelapa akan peningkatan pelayanan melalui transformasi digital yang dimana terdapat pembaruan system Gate Pass yang lebih mumpuni untuk meminimalisir error yang terjadi di lapangan.

Melalui penerapan New Gate Pass System ini, volume kendaraan yang masuk ke Pelabuhan akan lebih mudah di monitoring. Hal tersebut sangat berbeda dengan kondisi sebelum yang dimana untuk memasuki Pelabuhan masih sangat rentan terhadap kesalahan dalam laporan serta pencatatan jumlah kendaraan dikarenakan system yang error. Selain itu manfaat lain dari penerapan New Gate Pass System ini yaitu mempercepat dalam proses transaksi, sehingga tidak timbul antrian kendaraan

“Dengan adanya New Gate Pass System ini, pembayaran akses atau pas pelabuhan bagi para pengguna jasa yang memasuki Pelabuhan Sunda Kelapa sudah menggunakan kartu uang elektronik yang dapat mengurangi kemacetan dan meminimalisisr error ” ujar Agus Edi Santoso. 

Implementasi New Gate Pass System merupakan salah satu bentuk komitmen Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa dalam meningkatkan layanan melalui penerapan teknologi berbasis IT kepada pengguna jasa dalam mendukung peningkatan pelayanan di era digital. 

Baca Juga  Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Laksanakan Apel Peringati Bulan K3 Nasional 2023

Selain itu, “Dengan terlaksanakannya Implementasi New Gate Pass System, dapat berupaya mencegah terjadinya tindakan pungli serta fraud/kecurangan yang terjadi di dalam Pelabuhan karena pencatatan yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya”, tambah Agus Edi Santoso.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *