Connect with us

Info Regional

Diklat Pemberdayaan Masyarakat di KSOP Sunda Kelapa Libatkan 144 Peserta

Published

on

foto:istimewa/djpl

JAKARTA (Bindo.id) – Upaya menekan risiko dan pencegahan terhadap kecelakaan kapal dilakukan Kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa Senin (5/8/2024) pada kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dan bekerja sama dengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten.

KSOP Kelas III Sunda Kelapa memberikan pelatihan Basic Safety Training dan Surat Keterangan Kecakapan 60 Mil kepada 144 peserta.

Isinya tentang prosedur keselamatan yang harus dipahami dan dengan mengambil langkah proaktif untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, mengurangi risiko cidera, meningkatkan produktivitas, serta memastikan masyarakat dapat bekerja dengan aman tanpa kekhawatiran.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa Capt. Aries Wibowo membuka secara resmi kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (BST KLM & SKK-60).

“DPM dilaksanakan selama lima hari mulai 5 Agustus s.d 10 Agustus 2024 yang berisi materi juga praktik lapangan,” ujar Capt. Aries.

Pelaksanaan diklat ini sebagai bentuk sarana dalam meningkatkan kompetensi masyarakat terhadap keselamatan pelayaran dan dalam harapan masyarakat dapat bekerja dengan lebih aman dan produktif, serta berkonstribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat maritim.

Prinsip terselenggaranya kegiatan yang gratis ini menurutnya adalah memberikan pengetahuan dasar tentang keselamatan bekerja di atas kapal dan menunjukan bahwa seseorang telah memiliki kompetensi untuk berlayar hingga jarak 60 mil dari pantai.

Dalam sambutannya Direktur Poltekpel Banten menyampaikan tujuan Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 63 Tahun 2018 adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM dan pelayanan publik di bidang transportasi. 

“Pelaksanaan DPM ini merupakan wujud nyata kehadiran negara melalui Kementerian Perhubungan dan diharapkan  peserta mendapatkan  pengetahuan terhadap keselamatan pelayaran,” ungkapnya. 

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan masing-masing instansi memberikan pembekalan untuk peserta diklat dari Kepolisian Sektor Sunda Kelapa dan Pos TNI Angkatan Laut Sunda Kelapa. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Corps Alumni Karang Serang (CAKS) Banten Santuni 50 Anak Yatim dan Dhuafa
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *