Connect with us

Info Regional

Lalu Lintas Di Jembatan Poncol Kabupaten Brebes Ke Arah Purwokerto Ditutup Dan Dialihkan Ke Pantura

Published

on

Lalu lintas di jembatan Poncol Kabupaten Brebes ke arah Purwokerto ditutup dan dialihkan ke Pantura [kumparan]

Banyumas, Bindo.id – Jembatan Poncol yang ada di Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes di ruas Pejagan arah Purwokerto, Banyumas telah ditutup total sebab ada lubang menganga, Minggu (14/7/2024).

Arus lalu lintas dari Pejagan arah Purwokerto maupun sebaliknya akan dialihkan sementara lewat jalur Pantura mulai hari Sabtu (13/7/2024).

Deni Wiharjito, pejabat dari PPK 1.4 Binamarga Jawa Tengah menuturkan, kondisi jembatan rusak sebab ada lubang berdiameter hampir 4 meter sehingga ditutup untuk sementara.

“Sudah sejak Sabtu kemarin ditutup untuk kendaraan roda empat. Di badan jembatan terdapat lubang cukup besar,” ujar Deni, Minggu (14/7/2024).

Deni menuturkan Jembatan Poncol sebagai jembatan kelas B yang sebetulnya tak boleh dilewati kendaraan besar.

Akan tetapi kenyataannya, kendaraan besar setiap hari melewati tempat ini sehingga menyebabkan rusaknya jembatan.

“Jembatan merupakan kelas B dan umurnya sudah tua yaitu dibangun 1989. Jembatan ini pada kenyataannya dilalui kendaraan besar layaknya kelas A. Jadi Kelas B dipaksa menjadi kelas A,” ujar Deni.

Deni menuturkan jembatan juga rusak sebab aktivitas kendaraan kategori ODOL (Over Dimensi dan Over Loading) yang menjadi kendaraan logistik. Kendaraan ODOL ini mengangkut barang berlebihan.

Kendaraan ini mempunyai dimensi lebih besar serta tonase berlebihan sehingga mengakibatkan kerusakan jembatan.

Sebab tak dapat menahan beban kendaraan, salah satunya plat yang memiliki ukuran 4×4 meter jeblos serta mengakibatkan munculnya lubang.

Selama tak dapat dilewati, untuk sementara arus kendaraan akan dialihkan ke jalur lain.

“Harusnya ada jembatan timbang agar kendaraan ODOL tidak melintas,” ujarnya.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Brebes, Ipda Yusuf Zaynuri menuturkan kendaraan yang berasal dari utara atau exit Tol Pejagan yang akan ke arah selatan Purwokerto maupun sebaliknya dialihkan ke pantura lewat Tegal.

Baca Juga  Perjalanan Kereta Api Terlambat Akibat Longsor di Jalur Karanggandul-Karangsari, KAI Sampaikan Maaf

Sedangkan kendaraan yang berasal dari sekitaran Ketanggungan menuju selatan lewat flyover Dermoleng akan dialihkan ke Slatri – Sitanggal – Jatibarang sampai ke Slawi Kabupaten Tegal.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion