Connect with us

Info Regional

Kota Tangerang Realisasikan PMA Senilai 7,7 Triliun Usai Menjadi Primadona Investor Asing

Published

on

Kota Tangerang dianggap menjadi salah satu kota yang paling diincar investor asing di sepanjang tahun 2023 [kabartangerang]

Tangerang, Bindo.id- Kota Tangerang kembali menorehkan pencapaian prestisius pada bidang investasi maupun ekonomi. 

Terbaru, Kota Tangerang dianggap menjadi salah satu kota yang paling diincar investor asing di sepanjang tahun 2023.

Angka ini mengalahkan kota-kota besar lain, diantaranya Bandung, Bekasi, Semarang, serta Surabaya.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono menyebutkan selama ini, tren positif pengembangan investasi di Kota Tangerang berlangsung sangat konsisten.

Sesuai data yang dirilis oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), kota mendapak julukan “Seribu Industri, Sejuta Jasa” tersebut berhasil melakukan realisasi penanaman modal asing (PMA) senilai 474 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 7,7 triliun.

“Capaian ini tidak terlepas dari kolaborasi antara semua lapisan yang telah bersama-sama menciptakan iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing,” tuturnya dikutip dari tangerangkota.go.id, Senin (1/7/2024). 

Tak hanya itu, ujarnya, investasi yang ada di Kota Tangerang sudah merambah di banyak sektor strategis.

Ivestasi tersebit mulai dari industri, perdagangan, properti, serta seluruh jasa yang yang berkontribusi penting dalam pertumbuhan ekonomi yang ada di Kota Tangerang.

Ruta menuturkan Kota Tangerang juga semakin meperlihatkan capaian tren positif di triwulan pertama 2024

Sesuai dengan data terbaru PMA serta Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Kota Tangerang telah berhasil melakukan realisasi investasi senilai Rp 4,72 triliun atau setara 32,87 persen (PMDN).

Selain itu, terdapat juga pendapatan senilai Rp 2,9 triliun atau setara 63 persen (PMA) dari target total senilai Rp 14,36 triliun.

“Capaian tadi juga menunjukkan Kota Tangerang masih memiliki daya tarik yang luar biasa bagi banyak investor,” ujarnya.

Ruta menuturkan khusus bagi investor asing jumlahnya hampir mencapai 50 persen dari total realisasi investasi pada 2023.

Baca Juga  Lahan IKN Dijual Ke Investor Demi Kebut Investasi, Otorita Patok Harga Jualnya

Kota Tangerang juga memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai modal alternatif dalam mendorong kemajuan dunia usaha, investasi, serta perekonomian di Kota Tangerang.

Per Juni 2024, Kota Tangerang memiliki 65.581 Nomor Induk Berusaha (NIB) yang terdata di online single submission (OSS).

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion