Connect with us

Info Regional

Program Gabus, Polwan Jayapura Ajarkan Mama-Mama Buta Aksara Baca Tulis

Published

on

Program Gabus, Polwan Jayapura Ajarkan Mama-Mama Buta Aksara Baca Tulis [tempo]

Jakarta, Bindo.id – Polisi wanita (polwan) tak hanya melaksanakan tugas pokoknya sehari-hari menjadi aparat penegak hukum untuk melindungi serta mengayomi masyarakat.

Mereka juga turut terlibat dalam mengajar para ibu buta aksara yang ada di Kabupaten Jayapura, Papua.

Aksi tersebut terwujud lewat program Gerakan Baca Tulis (Gabus) yang diinisiasi oleh Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus WA Maclarrimboen beberapa tahun belakangan ini.

Para Polwan Polres Jayapura tampak sangat antusias untuk mengajarkan anak-anak beserta para ibu Papua yang berada di daerah BTN Ceria Sentani maupun Kompleks Toladan Sentani, Kabupaten Jayapura.

Di bawah pimpinan AKP Dorlince Banundi, para polwan sangat serius ketika mengajari mama-mama tentang baca tulis yang disebut Gabus ini.

“Kami ajarkan mama-mama Papua di Sentani Kabupaten Jayapura tentang baca tulis, sehingga bisa terbebas dari buta aksara,” ujar Dorlince, Rabu (29/5/2024).

Dorlince menyebutkan ada 10 peserta didik yang ikuti dalam program Gabus di BTN Ceria Sentani. Mereka terdiri dari anak-anak serta orang tua, terlebih mama-mama yang belum mengenal tentang baca, tulis maupun hitung.

“Kami memperkenalkan huruf, angka, hingga mengajarkan mereka membaca. Ini kami lakukan secara rutin setiap minggu,” ujarnya.

Rata-rata peserta didik putus sekolah dan tak bersekolah

Dorlince menuturkan rata-rata peserta didik di program Gabus merupakan mereka yang putus sekolah. Ada juga yang tidak pernah duduk di bangku sekolah.

Hal inilah yang membuat Dorlince bersama para polwan yang ada di Polres Jayapura terlibat aktif untuk mengajar anak-anak serta para orang tua yang ingin belajar tentang baca, tulis maupun hitung.

“Rata-rata peserta didik yang kami didik adalah mereka yang putus sekolah dan tidak bersekolah. Kami memperkenalkan literasi dasar seperti baca, tulis dan hitung,” ujarnya.

Baca Juga  DAMRI Berlakukan Kembali Rute Jayapura-Bandara Sentani, Catat Jadwal dan Tarifnya!

Komitmen untuk membasmi buta aksara menjadi gerakan bersama yang sudah diinisiasi oleh Kapolres Jayapura.

Setiap polisi, terleboh polwan turut ikut membantu mengajar para peserta didik di BTN Ceria Sentani maupun beberapa lokasi lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura.

Dorlince menuturkan program Gabus ini telah terjadwal. Setiap minggu mampir untuk memberikan pembelajaran literasi dasar untuk para peserta didik yang berada di BTN Ceria Sentani. 

Dirinya berharap, program Gabus yang dilakukan Polwan Polres Jayapura ini bisa mengurangi, serta mewujudkan melek membaca, menulis maupun berhitung. 

“Usia bukan menjadi penghalang bagi siapa saja yang ingin belajar, baik membaca, menghitung dan menulis melalui program Gabus ini agar terbebas dari buta aksara,” tutur Dorlince. 

Program Gabus ini juga dilakukan di Kompleks Toladan Sentani, Kabupaten Jayapurra yang dipimpin oleh AKP Katharina HL Aya bersama dengan rekan polwan Polres Jayapura lainnya. 

Para polwan mengajari mama-mama dengan suka rela serta penuh perhatian di Kompleks Toladan Sentani.

“Ada 3 mama yang kami ajarkan mereka tentang baca, tulis dan hitung, yakni Mama Ina Wenda (43), mama Eli Bena (41) dan Mama Yeterina (24) tahun, agar bisa membaca dan menulis,” ujar AKP Katharina HL Aya.

Katharina menyebutkan program Gabus ini akan terus hadir. Para polwan memberi tenaga serta fasilitas dengan tujuan utamanya yakni membasmi buta aksara serta meningkatkan kualitas belajar warga yang ada di Kompleks Toladan Sentani.

“Kami akan secara konsisten mengajari mama-mama di Kompleks Toladan Sentani, sehingga dapat mengurangi buta aksara di Kabupaten Jayapura,” ujarnya. 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *