Connect with us

Info Regional

Presiden Jokowi Tunjuk Provinsi Riau Jadi Lokasi Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Published

on

Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto [indovizka]

Riau, Bindo.id – Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto menuturkan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) memilih Provinsi Riau sebagai lokasi upacara Hari Lahir Pancasila 2024.

“Alhamdulillah, Riau dipilih sebagai tempat upacara Hari Lahir Pancasila oleh Pak Presiden. Jadi, Riau ini tidak hanya mempunyai ketahanan pangan, tetapi juga ketahanan energi,” tutur Hariyanto lewat siaran persnya, Kamis (30/5/2024).

Hal ini disampaikan oleh Hariyanto setelah ikut rapat tertutup yang diselenggarakan di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Riau.

Rapat tersebut digelar dalam rangka kunjungan Presiden RI pada upacara Hari Lahir Pancasila, Rabu (29/5/2024).

Dirinya menerangkan latar belakang untuk apel nantinya akan terdapat lambang garuda beserta tangki minyak besar yang menjadi tanda ketahanan energi Indonesia.

“Nantinya, Presiden Jokowi akan menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional di Kota Dumai. Tepatnya di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada 1 Juni 2024,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bagian Administrasi (Kabag Adm) Protokol dan Undangan Kementerian Sekretariat Negara Muhammad Saiful menerangkan dipilihnya Riau menjadi lokasi upacara.

Kata Saiful, hal tersebut disebabkan ingin menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai ketahanan energi yang besar.

“Dipilihnya Kota Dumai atau Pertamina Hulu Rokan (PHR) karena beliau (Jokowi) sendiri yang sudah menentukan itu dan menandakan sebagai ketahanan energi dari Indonesia,” tutur Saiful.

Selain mengikuti rapat tertutup, Presiden Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar serta meresmikan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Pekanbaru.

Acara selanjutnya akan dilaksanakan apel Hari Lahir Pancasila dan juga peninjauan pasar.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Riau