Transportasi
KAI Imbau Penumpang Gunakan Stop Kontak di Kereta Sesuai Aturan

JAKARTA (Bindo.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan pelanggan untuk menggunakan fasilitas di dalam kereta sesuai aturan, termasuk stop kontak di setiap kursi.
“KAI mengimbau agar stop kontak hanya digunakan untuk pengisian daya perangkat elektronik pribadi seperti ponsel, tablet, atau laptop. Penggunaan perangkat lain dengan daya besar dilarang karena dapat mengganggu kenyamanan dan berpotensi membahayakan keselamatan perjalanan,” ujar VP Public Relations KAI, Anne Purba, Rabu (2/4/2025).
Selain itu, KAI juga memastikan respons cepat terhadap keluhan penumpang selama perjalanan, termasuk gangguan pada AC atau fasilitas lainnya. Pelanggan dapat menghubungi kondektur di dalam kereta atau melalui layanan contact center KAI.
Ia menambahkan, penggunaan perangkat elektronik dengan daya besar yang berlebihan dapat berdampak pada sistem kelistrikan kereta secara keseluruhan. Oleh karena itu, KAI mengimbau seluruh pelanggan untuk mematuhi aturan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan bersama.
Selain itu, pelanggan juga dapat menyampaikan masukan atau keluhan melalui berbagai kanal resmi KAI, termasuk layanan contact center di 121, email cs@kai.id, WhatsApp 08111-2111-121, serta media sosial resmi KAI.
“KAI terus mengimbau para pelanggan untuk saling menghormati dan menjaga ketertiban selama perjalanan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman. Pelanggan juga diharapkan turut menjaga kebersihan dan fasilitas kereta api serta stasiun sebagai bentuk kepedulian terhadap transportasi publik yang menjadi bagian dari kepentingan bersama,” pungkas Anne.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion