Connect with us

Transportasi

Dirut KAI Apresiasi Kepercayaan Masyarakat, Komitmen Tingkatkan Layanan Terus Ditegaskan

Published

on

Foto istimewa

JAKARTA (Bindo.id) – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyampaikan apresiasi atas kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI, menyusul hasil survei kepuasan pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2025.

Sebelumnya, survei kepuasan pelanggan yang dilakukan Perum LKBN ANTARA pada masa arus mudik Lebaran 2025 mengungkapkan bahwa lebih dari 90 persen penumpang mengapresiasi pelayanan petugas PT Kereta Api Indonesia (Persero), baik di stasiun maupun di dalam kereta. Penilaian ini mencerminkan kepercayaan publik terhadap peningkatan layanan dan profesionalitas SDM KAI. Survei tersebut dilaksanakan pada 5–8 April 2025 dengan melibatkan 557 responden dari berbagai wilayah.

Didiek menegaskan, pencapaian ini adalah hasil kerja keras seluruh insan KAI dan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan transportasi yang andal, aman, dan nyaman. Selama periode 21 Maret hingga 12 April 2025, KAI mencatat telah melayani total 4.707.628 pelanggan di seluruh wilayah operasionalnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI. Apresiasi ini menjadi penyemangat bagi seluruh Insan KAI untuk terus melakukan perbaikan dan menghadirkan layanan yang semakin andal, aman, dan nyaman,” ujar Didiek.

Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis, dan Teknologi Informasi Perum LKBN ANTARA, Jaka Sugiyanta, menyampaikan bahwa petugas KAI dinilai tanggap dan proaktif, khususnya dalam memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang.

“Ini menunjukkan upaya nyata KAI dalam menjaga keamanan dan ketertiban, baik di stasiun maupun selama perjalanan di dalam kereta,” ujar Jaka di Jakarta, Jumat (11/4).

Survei ini menyoroti beberapa aspek layanan, mulai dari fasilitas di stasiun dan di dalam kereta, kemudahan pembelian tiket, hingga dampak sosial dari penggunaan moda transportasi kereta api.

Lanjut Didiek, ia juga menegaskan komitmen KAI untuk terus bergerak maju dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca Juga  KAI Catatkan Penjualan Lebih dari 1,7 Juta Tiket Penumpang KAJJ, Ini 10 KA Eksekutif Paling Diminati

“Kami sangat menghargai setiap masukan pelanggan. KAI akan terus berinovasi, menjaga kualitas layanan, dan menjawab kebutuhan masyarakat melalui pengembangan layanan digital, peningkatan sarana dan prasarana, serta transformasi budaya kerja,” tambahnya.

Selama masa angkutan Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 12 April Pukul 14.00 WIB, KAI melayani total 4.707.628 pelanggan, baik untuk perjalanan kereta api jarak jauh maupun lokal di seluruh wilayah operasional KAI di Pulau Jawa dan Sumatera.

Dalam periode tersebut, KAI menyediakan total 4.591.510 tempat duduk, yang terdiri dari:

• 3.443.832 seat untuk KA Jarak Jauh

• 1.147.678 seat untuk KA Lokal

Dari total pelanggan yang dilayani, sebanyak 3.915.546 pelanggan menggunakan KA Jarak Jauh dengan tingkat okupansi mencapai 114% dari kapasitas yang tersedia. Sementara itu, pelanggan KA Lokal tercatat sebanyak 792.082 pelanggan, dengan okupansi 69% dari kapasitas yang disediakan.

“Atas capaian ini, KAI menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan seluruh pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2025. Keberhasilan ini bukan sekadar angka, tetapi cerminan dari kepercayaan dan sinergi antara KAI dan para pelanggan yang terus menjadi bagian penting dalam perjalanan transformasi layanan KAI. Apresiasi dari masyarakat menjadi dorongan kuat bagi KAI untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan transportasi yang andal, aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup Didiek. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion