Connect with us

Transportasi

KAI Commuter Luncurkan Kartu Disabilitas untuk Penumpang KRL Berkebutuhan Khusus

Published

on

Foto istimewa

JAKARTA (Bindo.id) – KAI Commuter terus berkomitmen meningkatkan layanannya dengan meluncurkan “Kartu Disabilitas” pada Jumat (14/2/2025).

Kartu multifungsi ini tidak hanya berfungsi sebagai identitas penyandang disabilitas, tetapi juga sebagai Kartu Multi Trip (KMT) untuk transaksi tiket Commuter Line, sebagai bagian dari upaya KAI Commuter untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna disabilitas.

Peluncuran dilakukan bersama komunitas disabilitas di Stasiun BNI City juga terlibat stakeholder.

Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto, menegaskan pentingnya kartu ini untuk meningkatkan pelayanan, memastikan prioritas, dan memberikan kenyamanan ekstra bagi penyandang disabilitas yang menggunakan transportasi publik.

“Ada banyak masukan dan saran terutama dari kalangan disabilitas sendiri yang sehari-hari aktif menggunakan Commuter Line. Kami mendapatkan catatan adanya penyandang disabilitas yang seharusnya jadi prioritas, luput dari pantauan sesama penumpang dan juga petugas,” kata Asdo.

Menurutnya, hal ini terjadi karena penumpang disabilitas tidak semuanya leluasa mengomunikasikan kondisinya. “Lantaran kalangan disabilitas ini juga ada beragam, selain disabilitas fisik juga sensorik, dari down syndrome, cerebral palsy, sampai ketidakmampuan melihat dan bicara. Maka KAI Commuter berupaya memastikan mereka pun terlayani maksimal dengan menghadirkan Kartu Disabilitas ini,” jelas Asdo.

Asdo juga menambahkan bahwa peningkatan layanan ini juga sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang penyandang disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.

“Jadi kami berharap agar Commuter Line lebih accessible atau dapat terakses oleh semua kalangan, termasuk penumpang disabilitas pun nantinya bisa leluasa bepergian dengan Commuter Line. Kami ingin ekosistem moda transportasi ini jadi lebih inklusi, sehingga semua bisa terlayani,” tambah Asdo.

Untuk mendapatkan mendapatkan Kartu Disabilitas, pengguna bisa mendaftar registrasi online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6. Nantinya petugas akan menghubungi pengguna kembali untuk proses pengambilan kartu di Stasiun Bogor, Juanda, Sudirman, Tanah Abang, Duri, dan Stasiun Bekasi.

Baca Juga  Mampu Layani 80 Penumpang Per Hari, DJKA Kembangkan Pembangunan Stasiun Tanah Abang

Kartu khusus ini juga bisa didapatkan dengan menghubungi nomor 081296605747. Pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan KRL.

Tercatat, sepanjang tahun 2024 lalu, pengguna dengan disabilitas yang menggunakan fasilitas tersebut sebanyak 883 pengguna. Angka tersebut meningkat 19% dari total pengguna disabilitas dalam menggunakan fasilitas tersebut pada tahun 2023 yaitu sebanyak 741 pengguna.

“KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk bisa saling peduli dengan memberikan kursinya bagi pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan para penumpang prioritas pada umumnya,” imbau Asdo.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Seedbacklink