Connect with us

Transportasi

Kereta Api Indonesia Semakin Populer di Kalangan Wisatawan Mancanegara, KAI Tingkatkan Layanan dan Fasilitas

Published

on

Foto istimewa/KAI

JAKARTA (Bindo.id) – Kereta api semakin populer sebagai moda transportasi massal pilihan wisatawan mancanegara (WNA). Peningkatan jumlah pelanggan WNA dalam tiga tahun terakhir menunjukkan tren positif ini.

Pada tahun 2022, tercatat 300.708 pelanggan WNA menggunakan layanan kereta api, yang meningkat hampir dua kali lipat menjadi 580.995 pelanggan pada tahun 2023. Tren ini berlanjut pada tahun 2024 dengan jumlah pelanggan WNA mencapai 669.226.

“KAI terus berkomitmen menghadirkan layanan yang selaras dengan semangat Asta Cita, yaitu visi besar Presiden Prabowo Subianto untuk menciptakan transportasi publik yang aman, nyaman, dan inklusif. Sebagai bagian dari Kementerian BUMN, KAI mengambil langkah strategis untuk mendukung visi ini dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan kereta api,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan pada Rabu (22/1/2025).

Anne menambahkan, salah satu langkah konkret adalah pengadaan 612 kereta Stainless Steel New Generation secara bertahap. Kereta generasi baru ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih modern, nyaman, dan ramah lingkungan.

Selain itu, Balai Yasa Manggarai, pusat perawatan dan perbaikan kereta api, juga berperan penting dalam inovasi modifikasi dan peningkatan kualitas rangkaian kereta. Hingga saat ini, Balai Yasa Manggarai telah berhasil memodifikasi 72 kereta New Generation, termasuk 60 kereta yang dimodifikasi pada tahun 2024. Pada tahun 2025, KAI menargetkan modifikasi 52 kereta New Generation dan 4 kereta kompartemen.

“Kehadiran wisatawan mancanegara yang semakin meningkat menunjukkan bahwa kereta api Indonesia mampu memenuhi kebutuhan transportasi modern sekaligus mendukung pertumbuhan sektor pariwisata nasional. Dengan layanan yang semakin berkualitas, kami optimistis dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian Asta Cita,” ujar Anne.

Selain pembaruan sarana, KAI juga terus berupaya meningkatkan fasilitas stasiun, termasuk menyediakan layanan informasi dalam Bahasa Inggris dan mempermudah akses sistem tiket elektronik bagi wisatawan asing. Upaya-upaya ini bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi bagi wisatawan.

Baca Juga  KAI Promo Tiket Kereta Api Diskon 25 % untuk Kelas Ekonomi hingga Eksekutif, Ini Daftar KA-nya

“Melalui inovasi yang berkesinambungan, KAI berharap dapat terus mendukung pembangunan transportasi massal yang modern dan berkelanjutan, sejalan dengan salah satu misi besar bangsa Indonesia,” pungkas Anne. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion