Transportasi
KAI Angkut 51 Juta Penumpang KAJJ dan KA Lokal Sepanjang 2024, Ini Daftar 10 Kereta Api Paling Ramai
JAKARTA (Bindo id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan telah keberhasilan mengangkut 51.839.503 penumpang untuk layanan kereta api jarak jauh (KAJJ) dan kA lokal sepanjang tahun 2024. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 6,9 persen dibanding tahun 2023, di mana jumlah penumpang mencapai 48.507.938.
Angka peningkatan itu tidak hanya mencerminkan tren positif dalam pelayanan transportasi, namun juga menjadi cerminan dari kepercayaan masyarakat akan manfaat yang ditawarkan oleh kereta api sebagai pilihan transportasi utama.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan, peningkatan signifikan ini adalah hasil dari kesadaran yang semakin meningkat di kalangan masyarakat akan manfaat kereta api sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan dan efisien.
“Semakin banyak orang memilih kereta api karena kontribusinya terhadap keberlanjutan lingkungan, kenyamanan, dan kemudahan yang ditawarkannya,” ujar Anne menjelaskan pada Rabu (15/1/2024).
KAI mencatatkan berbagai pencapaian positif sepanjang tahun 2024, termasuk keberhasilan mengangkut 51.839.503 penumpang untuk layanan kereta api jarak jauh dan lokal. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 6,9 persen dibanding tahun 2023, di mana jumlah penumpang mencapai 48.507.938.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan manfaat kereta api sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan dan efisien.
“Semakin banyak orang memilih kereta api karena kontribusinya terhadap keberlanjutan lingkungan, kenyamanan, dan kemudahan yang ditawarkannya,” ujar Anne.
KAI juga tidak tinggal diam dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Mereka telah meluncurkan fitur Carbon Footprint sebagai salah satu langkah nyata untuk menciptakan transportasi yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Selain itu, berbagai inovasi juga diperkenalkan, seperti pengurangan penggunaan plastik dengan menyediakan water station di stasiun, penerapan teknologi face recognition untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, hingga penggantian alat makan di atas kereta dengan wooden cutlery guna mengurangi limbah plastik.
Komitmen KAI dalam meningkatkan keandalan prasarana juga menjadi sorotan. Fokus pada penggunaan bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti penggantian bantalan kayu dengan bantalan sintetis yang lebih tahan lama, menjadi wujud nyata dari upaya mereka untuk memberikan pelayanan yang optimal.
Tingkat ketepatan waktu (OTP) keberangkatan kereta api pun mencapai 99,77 persen pada tahun 2024, menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. OTP kedatangan juga mengalami kenaikan yang menggembirakan, mencapai angka 96,05 persen.
Anne melanjutkan, ketepatan waktu menjadi salah satu alasan utama penumpang memilih kereta api.
“Pada 2024, rata-rata OTP keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,77 persen, meningkat dibandingkan 2023 yang berada di angka 99,54 persen. OTP kedatangan juga naik dari 93,98 persen pada 2023 menjadi 96,05 persen pada 2024,” ungkap Anne.
Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia, KAI akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan berbagai inovasi dan pengembangan fasilitas. Program-program menarik seperti peluncuran kereta baru, promo tiket, hingga kegiatan kolaboratif dengan komunitas dan mitra strategis akan terus dihadirkan demi memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bagi setiap pelanggan.
Sejalan dengan visi mereka untuk menciptakan perjalanan yang tidak hanya nyaman dan aman, tetapi juga berkelanjutan secara lingkungan, KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat. Dengan terus berinovasi dan berkomitmen pada prinsip-prinsip keberlanjutan, KAI bergerak maju dan melampaui batas dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang ramah lingkungan dan efisien.
“Kami berkomitmen untuk memastikan setiap perjalanan kereta api tidak hanya menjadi pengalaman yang nyaman dan aman, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada KAI,” pungkas Anne.
Daftar KA dengan Penumpang Paling Ramai
Berikut 10 Kereta Api dengan Volume Penumpang Tertinggi pada 2024:
1. KA 167 Joglosemarkerto (Solobalapan-Tegal-Purwokerto-Solobalapan): 413.320 penumpang
2. KA 161 Joglosemarkerto (Solobalapan-Semarang Tawang): 384.336 penumpang
3. KA 233 Matarmaja (Malang-Pasarsenen): 373.978 penumpang
4. KA 220 Kertajaya (Pasarsenen-Surabaya Pasarturi): 363.571 penumpang
5. KA 217 Jayakarta (Surabaya Gubeng-Pasarsenen): 360.887 penumpang
6. KA 219 Kertajaya (Surabaya Pasarturi-Pasarsenen): 356.324 penumpang
7. KA 212 Logawa (Purwokerto-Jember): 334.012 penumpang
8. KA 234 Matarmaja (Pasarsenen-Malang): 331.669 penumpang
9. KA 107 Jayabaya (Malang-Pasarsenen): 322.749 penumpang
10. KA 218 Jayakarta (Pasarsenen-Surabaya Gubeng): 320.228 penumpang.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion