Transportasi
KAI Lakukan Penggantian Bantalan Jalur Rel KA ke Sintetis
JAKARTA (Bindo.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus melangkah maju dengan inovasi berbasis keberlanjutan lingkungan. Salah satu langkah nyata adalah menggantikan bantalan kayu pada jembatan baja dengan bantalan sintetis yang lebih ramah lingkungan, tahan lama, dan efisien.
“Bantalan sintetis ini lebih kuat, tahan terhadap cuaca ekstrem, dan tidak memerlukan penebangan pohon untuk diproduksi. Dengan mengganti 15.864 batang bantalan kayu, KAI turut mendukung pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan efisiensi perawatan infrastruktur,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba pada Rabu (4/12/2024).
Menurut Anne, langkah ini menjadi bagian penting dari salah satu persiapan menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Berdasarkan data hari ini, Rabu, 4 Desember 2024 jumlah tiket KA JJ dan KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yaitu 710.694 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. Dari 710.694 tiket terjual tersebut terdiri dari 703.226 KA JJ atau 25,38% dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. Sedangkan untuk penjualan KA Lokal baru mencapai 7.468 tiket atau 0,93% dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket.
Untuk KA JJ pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal sendiri pemesanannya baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.
“Jumlah tersebut masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” tambah Anne.
Penjualan tertinggi keseluruhan tiket baik KA JJ dan KA Lokal pada periode sebelum Hari Natal terjadi pada H- 4 (21 Desember 2024) dengan total penjualan 54.670 tiket. Sementara untuk periode setelah Hari Natal, terjadi pada H+4 (29 Desember 2024) dengan penjualan 51.563 tiket.
“Dengan komitmen untuk keberlanjutan, KAI memastikan setiap inovasi yang dilakukan membawa dampak positif, baik untuk penumpang maupun lingkungan. KAI mengucapkan terima aksih kepada pelanggan kereta api yang ikut serta dalam mendukung hadirnya sistem transportasi yang aman, efisien, dan ramah lingkungan,” tutup Anne.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion