Connect with us

Transportasi

KAI Raih Penilaian Sangat Baik dalam ICORPAX 2023, Dapat Angka 87,99%

Published

on

Foto istimewa/dok/kai

JAKARTA (Bindo.id) – Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus menunjukkan keseriusannya dalam menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG), sehingga berhasil meraih penilaian “Sangat Baik” dalam Indonesian Corporate Accountability Index (ICORPAX) 2023. 

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah melakukan penilaian terhadap perusahaan tersebut, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil mencatatkan nilai sebesar 87,99% dengan kategori Sangat Baik. 

Adanya penilaian ini menunjukkan komitmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam menjalankan praktek bisnis yang bertanggung jawab dan transparan.

Pencapaian ini mencerminkan komitmen KAI dalam memperkuat tata kelola perusahaan yang baik/Good Corporate Governance di semua lini bisnis, termasuk pengelolaan akuntabilitas perusahaan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pencapaian KAI dalam ICORPAX merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat tata kelola organisasi yang semakin baik. 

“Hasil ini juga mencerminkan integritas di setiap aspek bisnis, yang diharapkan dapat mendukung percepatan pengembangan perekonomian nasional,” ujarnya, Kamis (10/10/2024).

Lebih lanjut, Didiek menambahkan peningkatan penilaian ICORPAX ini menjadi dorongan bagi seluruh karyawan KAI untuk terus bertumbuh dan melakukan akselerasi kinerja secara berkelanjutan.

ICORPAX adalah alat ukur untuk mengukur akuntabilitas korporasi sebagai pengelola kekayaan negara yang dipisahkan (KNYD) dalam rangka mendukung pembangunan sesuai maksud dan tujuan pembentukan BUMN. ICORPAX merupakan instrumen yang menghasilkan rancangan pengukuran yang mencakup seluruh parameter pengukuran individual atas peran BUMN sebagai korporasi milik negara.

Penilaian ICORPAX yang dilakukan di KAI selama 15 (lima belas) hari kerja mulai tanggal 24 Juli 2024 sampai dengan 13 Agustus 2024. Adapun penilaian meliputi lima dimensi utama: Akuntabilitas Korporasi pada Pembangunan, Akuntabilitas Korporasi pada Keuangan Negara, Kepatuhan dan Efektivitas Operasional, Efektivitas Sistem Tata Kelola Korporasi, serta Efektivitas Pengendalian Fraud.

Baca Juga  KAI Lakukan Pengembangan dan Bangun Stasiun KRL Baru di Jalur Green Line, Penumpang Bakal Lebih Nyaman!

“Dengan hasil penilaian ini, kami berharap kepercayaan pemangku kepentingan terhadap inisiatif dan aksi strategis perusahaan semakin meningkat. Kami juga akan terus berkomitmen meningkatkan aspek keberlanjutan dalam setiap langkah kami, guna menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” tutup Didiek.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion