Connect with us

Transportasi

KA Wijayakusuma, Kamandaka dan Logawa jadi Favorit Pilihan Pelanggan dari Daop 5 Purwokerto

Published

on

Foto istimewa

PURWOKERTO (Bindo.id) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto berhasil mencatat capaian angkutan penumpang sebanyak 301.966 pelanggan pada bulan September 2024. Hal ini menunjukkan bahwa moda transportasi kereta api masih menjadi pilihan favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengungkapkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku penyelenggara layanan kereta api senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan berbagai inovasi dan perbaikan fasilitas. 

“Peningkatan kinerja ini tentunya dibarengi dengan peningkatan pelayanan dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas demi mewujudkan kepuasan pelanggan KA,” ujar Feni pada Selasa (8/10/2024).

Adapun dari data yang dihimpun menunjukkan bahwa moda transportasi KA masih menjadi moda transportasi pilihan bagi masyarakat dari Purwokerto ke berbagai kota lainnya seperti Surabaya, Semarang, Solo, dan kota lainnya. Hal ini dapat diketahui dari tingkat okupansi penumpang atau tingkat keterisian dari KA-KA yang dioperasikan dari Daop 5 Purwokerto.

Bahkan untuk KA-KA dengan tingkat okupansi tertinggi diantaranya merupakan keberangkaan awal dari wilayah Daop 5 Purwokerto.

Berikut Top 3 KA Keberangkatan Awal Daop 5 Purwokerto dengan Okupansi Tertinggi Bulan September 2024:

KA Kamandaka (KA 174) relasi keberangkatan dari Stasiun Cilacap-Purwokerto-Semarang Tawang Bank Jateng dengan okupansi 95%;

KA Serayu (KA 255) relasi keberangkatan dari Stasiun Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen dengan okupansi 87%;

KA Sawunggalih (KA 147) relasi keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen dengan okupansi 85%.

Sementara itu, untuk Top 3 KA dari seluruh perjalanan KA yang melintas Daop Purwokerto dengan Okupansi Tertinggi pada bulan September 2024 antara lain:

KA Wijayakusuma (KA 118) relasi keberangkatan dari Stasiun Cilacap-Surabaya Gubeng-Jember-Ketapang Banyuwangi sebanyak 372%;

KA Joglosemarkerto (KA 167) relasi keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan-Purwokerto-Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 323%;

KA Joglosemarkerto (KA 161) relasi keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan-Semarang Tawang Bank Jateng-Purwokerto sebanyak 307%.

Baca Juga  Kereta Suite Class Compartment dari Daop 5 Purrwokerto Layani 861 Pelanggan Sepanjang 2024

Feni menambahkan, berdasarkan data kinerja bulan September 2024, KA-KA kelas ekonomi keberangkatan awal dari Daop 5 Purwokerto pun menjadi pilihan favorit masyarakat untuk bepergian. Adapun Top 3 Kereta Kelas Ekonomi keberangkatan awal Daop 5 Purwokerto dengan Jumlah Okupansi Tertinggi Bulan September 2024 antara lain:

KA Serayu (KA 255) relasi keberangkatan dari Stasiun Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen sebanyak 87%;

KA Kutojaya Selatan (KA 259) relasi keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo-Kroya-Kiaracondong sebanyak 76%;

KA Serayu (KA 251) relasi keberangkatan dari Stasiun Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen sebanyak 69%.

Sementara itu, untuk Top 3 Kereta Kelas Ekonomi dari seluruh perjalanan KA yang melintas Daop Purwokerto dengan Okupansi Tertinggi pada bulan September 2024 antara lain:

KA Logawa (KA 212) relasi keberangkatan dari Stasiun Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember sebanyak 252%;

KA Joglosemarkerto (KA 167) relasi keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan-Purwokerto-Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 225%;

KA Kahuripan (KA 237) relasi keberangkatan dari Stasiun Blitar-Kroya-Kiaracondong sebanyak 170%.

KAI Daop 5 Purwokerto terus mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan melakukan pemesanan tiket KA baik melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, serta melalui semua saluran resmi pemesanan tiket kereta api lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI. 

“Manfaatkan pula fitur Connecting Train atau Kereta Sambungan yang dapat menjadi alternatif keberangkatan jika perjalanan KA yang diinginkan telah habis tiketnya,” imbau Feni.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *