Connect with us

Transportasi

Dukung PON XXI Aceh-Sumut 2024, ASDP Siap Kawal Mobilisasi Penumpang dan Material Pendukung

Published

on

Foto istimewa

BANDA ACEH (Bindo.id) – Menyambut perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan berlangsung dari Ahad (8/9) hingga Jumat (20/9/2024), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah mempersiapkan layanan angkutan penyeberangan dalam mendukung mobilisasi penumpang serta pengangkutan logistik material yang dibutuhkan.

PON tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-21 dari ajang multi-olahraga nasional yang pertama kali digelar di dua provinsi sekaligus, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menyampaikan komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan optimal kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan yang akan melakukan perjalanan ke Pulau Sabang. 

“Kami siap mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XXI dengan memastikan kesiapan layanan dan operasional selama perhelatan berlangsung. Tentunya, kami akan terus menghadirkan layanan penyeberangan prima bagi seluruh pengguna jasa, termasuk Official, Atlet, dan Wisatawan, agar dapat menikmati layanan kapal ferry yang aman, nyaman, dan selamat,” urainya, Rabu (4/9/2024).

Dia menjelaskan, selama perhelatan PON XXI ini, layanan penyeberangan ASDP dapat dinikmati seluruh pengguna jasa. Salah satunya mencakup lintasan Ulee Lheue (Banda Aceh) – Balohan (Sabang), yang akan dioperasikan dua kapal ferry utama. 

KMP BRR, dengan kapasitas 911 GT, mampu mengangkut 30 kendaraan dan 275 penumpang dan KMP Aceh Hebat 2, yang memiliki kapasitas 1186 GT untuk 30 kendaraan dan 252 penumpang. 

“Untuk lintasan perintis Ulee Lheue – Lamteng dan Lamteng – Balohan, ASDP mengoperasikan KMP Papuyu dengan kapasitas 284 GT, yang dapat menampung delapan kendaraan dan 100 penumpang,” paparnya.

Seiring dengan berlangsungnya PON XXI, ASDP memprediksi adanya lonjakan jumlah penumpang pada lintasan Ulee Lheue – Balohan selama periode 10 hingga 20 September 2024. 

Baca Juga  Antisipasi Lonjakan Penumpang, ASDP Dukung Tambahan Layanan Penyeberangan Jelang MotoGP di Mandalika

Diperkirakan, selama perhelatan PON tersebut, peningkatan penumpang akan mencapai 50% hingga 75%, terutama dari kalangan atlet, official team, dan pendukung, serta wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi ikonik seperti Kilometer Nol Indonesia di Sabang. 

“Sebagai antisipasi terhadap lonjakan penumpang ini, ASDP telah menyiapkan rencana penambahan trip penyeberangan. Dalam kondisi normal, lintasan Ulee Lheue – Balohan beroperasi sebanyak empat trip per hari, namun kami siap meningkatkan menjadi lima hingga enam trip per hari apabila diperlukan,” tambah Shelvy.

ASDP terus berupaya memberikan kontribusi positif, tidak hanya dalam kelancaran PON XXI, tetapi juga dalam pemenuhan kepentingan publik melalui layanan penyeberangan. 

“Melalui layanan prima yang kami sediakan selama PON XXI, kami ingin menunjukkan komitmen ASDP dalam mendukung event nasional dan memfasilitasi mobilitas masyarakat secara luas,” tutupnya. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion