Connect with us

Transportasi

Di Labuan Bajo, ASDP Dukung Puncak Festival Golo Koe Assumpta

Published

on

Foto istimewa/ASDP

LABUAN BAJO (Bindo.id) –  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkomitmen mendukung penyelenggaraan Pekan Puncak Festival Golo Koe Assumpta Nusantara di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 10-15 Agustus 2024.

Dukungan diberikan dengan menyediakan lahan parkir seluas 2.230 meter per segi di Jl. Soekarno Hatta, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, selain menghadirkan pelayanan prima penyeberangan di Tanah Air, manajemen turut mendukung upaya pelestarian budaya lokal dan nasional. 

“Salah satu langkah konkret, melalui penyediaan lahar parkir sebagai bentuk kerja sama ASDP Cabang Sape dengan Dinas Perhubungan Manggarai Barat sebagai wujud dukungan atas terselenggaranya salah satu giat Karisma Event Nusantara (KEN),” tutur Shelvy, Kamis.(15/8/2024).

Tidak hanya support penyediaan lahan parkir, dishub dan ASDP melakukan penyesuaian jadwal kapal selama festival berlangsung untuk mengakomodir 1.000 peserta tetap dari paroki, komunitas biara, dan lembaga pendidikan se-Keuskupan Ruteng, serta para wisatawan nusantara dan mancanegara yang ingin merasakan langsung festival keagamaan daerah.

Adapun kapasitas parkir dapat menampung lebih dari 135 unit kendaraan dengan rincian 100 motor, 25 mobil, delapan truk, dan dua tronton. 

“Jarak tempuh dari lahan parkir hingga ke lokasi festival hanya berjarak 400 meter jika melewati jalan utama, dan 250 meter jika melewati jalan Promenade penghubung,” ungkapnya.

Sementara, saat ini ASDP cabang Sape melayani lintasan Sape-Labuan Bajo, Labuan Bajo- Pulau Rinca, dan Labuan Bajo- Waingapu. 

Pulau rinca merupakan daya tarik destinasi wisata mancanegara karena di pulau tersebut terdapat camping ground dan wisata Pulau Komodo.

Melengkapi layanan kepada wisatawan, Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang berada di Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo berkapasitas 145 kamar yang dilengkapi dengan multifunction hall berkapasitas 1.000 orang dan area komersial Plaza Marina Labuan Bajo untuk menyambut para pengunjung dalam setiap kegiatan taraf internasional.

Baca Juga  Selama Musim Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Tercatat sejak Januari hingga Juli 2024, total penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Sape sebanyak 7.655 orang dan 3.756 kendaraan dengan total unit yang mendominasi adalah kendaraan roda dua sebanyak 1.718 dan mobil sebanyak 1.228 unit.

Sebaliknya, total penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Labuan Bajo periode Januari hingga Juli 2024 sebanyak 9.136 orang dan 3.414 unit kendaraan dengan total kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan roda dua sebanyak 1.790  dan mobil sebanyak 969 unit kendaraan.

“Laporan tim lapangan menyampaikan acara selama seminggu terakhir ini berlangsung lancar dan terkendali, jalur penyeberangan juga terpantau landai dan tidak terjadi penumpukan,” ujar Shelvy.

Ini juga bagian untuk meningkatkan ekonomi daerah dan menjaga citra Indonesia di mata dunia.

ASDP berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, serta berinovasi dalam memberikan layanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa dan memastikan terpenuhinya layanan kepentingan umum.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion