Connect with us

Transportasi

Sistem IT KAI Commuter Implementasikan ISO 27001:2013, Seluruh Data Base Pengguna KRL Aman

Published

on

Foto istimewa/KCI

JAKARTA (Bindo.id) – KAI Commuter telah memberikan jaminan atas keamanan data base pengguna Commuter Line yang sebelumnya diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. 

Saat ini, KAI Commuter terus bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan investigasi mendalam dan menangani peretasan sistem tersebut. Hal iti disampaikan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (3/7/2024).

Dijelaskan Anne, KAI Commuter telah mengambil langkah-langkah penanganan yang tepat, seperti pembatasan akses pada jaringan publik dan lokal. 

Dalam situasi yang terjadi, KAI Commuter juga telah memastikan bahwa seluruh sistem operasional IT tetap berjalan lancar dan data base pelanggan tetap terjamin keamanannya.

“Atas kejadian tersebut KAI Commuter sudah mengambil langkah-langkah penanganan seperti pembatasan akses baik jaringan publik maupun jaringan lokal. Saat ini seluruh sistem operasional IT yang ada di lingkungan KAI Commuter juga masih berjalan dengan baik dan seluruh data base pelanggan aman,” ujar Anne. 

Dikatakan Anne, masyarakat dapat merasa aman dan tidak perlu khawatir ketika menggunakan seluruh aplikasi layanan yang ditawarkan oleh KAI Commuter, karena KAI Commuter sudah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik.

Sekarang, KAI Commuter telah mengimplementasikan ISO 27001:2013 sebagai standarisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi, yang secara berkala dilakukan audit oleh auditor independent. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa penyediaan layanan kereta api tetap aman dalam penerapannya.

Dikatakan Anne, KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan kemanan siber dalam penerapan teknologi informasi. KAI Commuter juga akan bekerja sama dengan pihak berwajib untuk menuntaskan kasus ini. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Sopir Ngeyel Saat Dilarang Melintas, Angkot Tertabrak KRL di Depok