Connect with us

Transportasi

Prioritas Keamanan dan Kenyamanan Perjalanan Kereta Api, KAI: Penumpang Harus Tertib

Published

on

Foto istimewa/dok/bas

JAKARTA (Bindo.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggan. Selain itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga mengedepankan kenyamanan dan keamanan sebagai prioritas utama di setiap operasinya. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merespons isu viral di media sosial terkait rombongan penumpang yang bersuara keras saat menggunakan KA (241) Sri Tanjung relasi Ketapang – Lempuyangan keberangkatan 12 Juli 2024, tepatnya di kereta ekonomi 6.

Kondektur dan Petugas Keamanan dalam Kereta Api (Polsuska) yang bertugas telah mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mereka memanggil koordinator rombongan dan memberikan penjelasan serta arahan agar rombongan penumpang tersebut tidak membuat kegaduhan di dalam kereta. Akibatnya, situasi kembali menjadi kondusif.

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, KAI mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk saling menghormati dan menghargai antar sesama penumpang agar perjalanan kereta api tetap aman dan nyaman. 

“Pelanggan dilarang bersuara keras di dalam kereta api, baik saat berbicara langsung maupun melalui telepon. Selain itu suara-suara keras dari alat eletronik seperti saat mendengarkan musik, menonton film, dan lain-lain juga tidak diperkenankan,” tegas Anne.

Anne juga berpesan kepada seluruh pelanggan kereta api untuk selalu mematuhi aturan, menjaga ketertiban, serta menjaga fasilitas kereta api dan stasiun karena layanan kereta api merupakan fasilitas umum.

KAI mempersilakan penumpang yang mengalami ketidaknyamanan selama perjalan untuk menghubungi petugas Kondektur yang bertugas agar segera ditindaklanjuti. Nomor handphone petugas Kondektur tertera di setiap kabin kereta.

Penumpang juga dapat menyampaikan keluhan-keluhannya dengan menginfokan kode booking melalui pesan langsung (Direct Message) kepada Contact Center KAI di media sosial KAI, email [email protected], WhatsApp 08111-2111-121, atau telepon di 121.

Baca Juga  Kedatangan Penumpang KA di Daop 1 Jakarta Lebih Tinggi 42 % daripada yang Berangkat, Ini Rinciannya!

“Kami berharap semua pelanggan mematuhi aturan saat menggunakan layanan kereta api, sehingga perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan,” tutup Anne.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion