Connect with us

Transportasi

Mulai Hari Ini Gratis Tarif Masuk Tol Cimanggis-Cibitung

Published

on

Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin telah meresmikan Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung [fajarharapan]

Jakarta, Bindo.id – Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin telah meresmikan Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Peresmian jalan tol ini dilakukan di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat? Selasa (9/7/2024).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung mulai Rabu 10 Juli 2024 dijadwalkan beroperasi tanpa tarif. Penetapan jalan tol tanpa tarif tersebut mulai pukul 06.00 WIB.

Penyesuaian transaksi akan dilaksanakan dari sistem terbuka di Gerbang Tol Jatikarya Utama menjadi sistem tertutup yang terintegrasi dengan Ruas Tol Cibitung-Cilincing.

Sehingga transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama arah Cibitung dikenakan tarif Segmen Cimanggis – Jatikarya pada Golongan I senilai Rp 5.500. Serta tarif Jatikarya – Nagrak akan dikenakan saat di Gerbang Tol Tujuan dengan tarif Golongan I senilai Rp 8.000.

Transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama arah Cimanggis akan dikenakan tarif Segmen Cimanggis – Nagrak pada Golongan I senilai Rp 13.500 serta tarif Tol Cibitung – Cilincing jika masuk dari Ruas Tol Cibitung – Cilincing.

Proyek Strategis Nasional dengan panjang 26,18 KM ini menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways.

PT Cimanggis Cibitung Tollways merupakan pemegang hak konsesi jalan tol dengan biaya investasi senilai Rp 10,6 triliun.

Saat ini Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebagian sudah beroperasi sepanjang 6,53 Km. Jalan tol ini beroperasi mulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction – On/Off Ramp Jatikarya sampai Seksi 2A Segmen On/Off Ramp Jatikarya – Simpang Susun Cikeas.

Pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung mulai dilakukan tahun 2016. Proyek ini melewati 4 wilayah yakni Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, serta Kabupaten Bekasi.

Baca Juga  Alasan Pencopotan Yana Dari Jabatan Dirut Transjakarta

Jaringan Jalan Tol JORR 2 sepenuhnya sudah terhubung setelah pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 Km rampung dikerjakan.

Harapannya jalan tol ini dapat menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi. Selain itu juga untuk mendorong kelancaran mobilitas, pergerakan komuter serta logistik menuju ke kawasan industri Cikarang, Cibitung, maupun Cilincing.

Setelah Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dioperasikan penuh, jaringan Jalan Tol JORR 2, juga sudah utuh tersambung dengan panjang 111 km. Jaringan tol ini dimulai dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis – Cibitung sampai Cilincing.

Pergerakan komuter serta logistik kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek kelancarannya akan meningkat dengan hadirnya jalan tol ini.

Kawasan industri tersebut diantaranya Sentul, Cikarang, Cibitung, serta Cilincing.

Jalan Tol ini juga telah terhubung dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno – Hatta, serta Bandara Kertajati.

Sehingga jalan tol ini menjadi ruas alternatif serta solusi untuk mengurangi travel time yang disebabkan oleh kemacetan/kepadatan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju ke Jakarta, Bogor, Tangerang, maupun sekitarnya.

Sesuai dengan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1626/KPTS/M/2024, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas hingga Junction Cibitung sepanjang 19,65 KM sudah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, maupun sistem operasi tol. Oleh sebab itu, jalam tol ini sudah bisa dioperasikan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion