Connect with us

Transportasi

Momen Liburan Sekolah, Lebih 500 Ribu Penumpang Naik KA dari Wilayah Daop 1 Jakarta

Published

on

Foto istimewa

JAKARTA (Bindo.id) – Penyelenggaraan angkutan kereta api pada masa libur sekolah Semester Ganjil periode 28 Juni hingga 14 Juli kemarin penumpang naik dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan dibanding hari-hari normal. 

Pada masa libur sekolah Semester Ganjil periode 28 Juni hingga 14 Juli lalu, terjadi fenomena peningkatan jumlah penumpang kereta api dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta.

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menerangkan bahwasanya berdasarkan data terakhir Ahax (14/7) pukul 23.59 kemarin malam, sebanyak 547.868 penumpang telah diberangkatkan dari stasiun-stasiun di Daop 1 Jakarta ke berbagai tujuan dengan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

“Sebanyak 500 ribu lebih penumpang telah kami berangkatkan menuju berbagai daerah tujuan penumpang, yang dilayani dengan kereta api jarak jauh (KAJJ),” kata Ixfan di Jakarta Senin (15/7/2024).

Ixfan menjelaskan bahwa, menurut data pantauan penumpang berangkat dari wilayah Daop 1 Jakarta hari ini Senin (15/7) sebanyak 20.500 penumpang. Naik dari Stasiun Pasar Senen 9.500 penumpang dengan 31 perjalanan KAJJ, 6.000 penumpang naik dari Stasiun Gambir dengan 30 perjalanan KAJJ dan sisanya sekitar 5.000 penumpang naik dari beberapa stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta, seperti Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Cikampek, Karawang dan Jakarta Kota.

“Untuk keberangkatan hari ini, sebanyak 20.500 penumpang berangkat dari berbagai stasiun di Daop 1 Jak. 9.500 penumpang dari Stasiun Pasar Senen, 6.000 penumpang dari Stasiun Gambir dan sisanya dari beberapa stasiun lainnya. Jumlah tersebut sudah berangsur kembali normal,” kata Ixfan menjelaskan.

Ixfan menambahkan bahwa volume penumpang tertinggi terjadi pada tanggal 5 Juli 2024 lalu, yaitu sebanyak 36.035penumpang yang berangkat dari Jakarta. Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Jakarta – Yogyakarta PP dan relasi lainnya.

Baca Juga  KA Papandayan Beroperasional di Stasiun Karawang, Penumpang Bisa Jajal Panoramic

“Volume penumpang tertinggi terjadi pada Jumat (5/7) kemarin, lebih dari 36 ribu penumpang berangkat dari Jakarta,” ujar Ixfan.

KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan KA, atas kepercayaannya menjadikan kereta api sebagai moda transportasi utama.

“KAI Daop 1 Jakarta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Masyarakat pengguna kereta api, terima kasih juga kami sampaikan kepada para pelanggan KA, yang telah memilih transportasi KA sebagai pilihan utama,” pungkas ixfan.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion