Connect with us

Transportasi

JTCC Kini Tersambung Penuh dengan Lima Ruas Jalan Tol JORR 2

Published

on

Foto istimewa/SPSL/Pelindi

JAKARTA (Bindo.id) – PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL sebagai Subholding Kepelabuhanan Pelindo menyampaikan bahwa Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC) yang dibangun dan dioperasikan SPSL Group melalui PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP Tollways) telah tersambung penuh dengan lima ruas jalan tol dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dengan telah diresmikannya pengoperasian Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (Cimaci) oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 9 Juli 2024.

Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M. Hikmat, mengatakan bahwa peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Nagrak-Cibitung oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menandai momen penting yaitu telah tersambung sepenuhnya JORR-2 dari Cengkareng (bandara Soekarno Hatta) di ujung barat dan Cilincing (Pelabuhan Tanjung Priok). 

“Tersambungnya JORR-2 secara keseluruhan akan memudahkan pergerakan orang dan barang, terutama untuk kendaraan berat pengangkut logistik dari kawasan barat yang selama ini melewati rute padat dapat melalui JTCC langsung menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Priok yang akan memperlancar arus logistik dan mobilitas masyarakat,” ujar Kiki.

Direktur Utama PT CTP Tollways, Ari Sunaryono menambahkan bahwa JTCC siap menampung arus kendaraan dari selatan dan memfasilitasi kelancaran pergerakan orang dan barang termasuk kendaraan logistik dari dan menuju pelabuhan, dan yang paling dekat adalah dari Kawasan Industri MM2100 Cibitung melalui Simpang Susun Setu Utara Cimaci. 

Menurut data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total panjang Jalan Tol JORR 2 mencapai 111 kilometer dan terdiri dari enam ruas jalan tol, yaitu Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Cilincing. Penyelesaian ini menandai penyempurnaan struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek, yang sebelumnya telah memiliki Tol Lingkar Dalam Kota dan Tol JORR 1, sehingga menciptakan sistem transportasi yang lebih terintegrasi dan efisien.

Sejalan dengan langkah strategis yang disampaikan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Pemerintah berkomitmen kuat menciptakan konektivitas nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan perluasan pemerataan pembangunan. Upaya ini salah satunya digenjot melalui pembangunan jalan tol. Wapres menggarisbawahi pentingnya prinsip keberlanjutan dalam pembangunan jalan tol.

“Pembangunan jalan tol ini adalah awal dari pencapaian tujuan yang lebih besar lagi, yaitu kesejahteraan dan pemerataan pembangunan,” ungkap beliau.

Baca Juga  Menhub: Optimalkan Digitalisasi Layanan Kepelabuhanan

“Beroperasinya Jalan Tol JORR 2 secara penuh diharapkan dapat mengurangi kemacetan, mempercepat waktu tempuh, dan memberikan alternatif rute yang lebih banyak bagi pengguna jalan. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap aktivitas logistik dan distribusi barang di kawasan ini, serta mendukung pertumbuhan ekonomi regional maupun nasional,” pungkas Kiki.

Informasi terkait Jalan Tol Cibitung – Cilincing (JTCC) dan keadaan darurat dapat diakses oleh masyarakat dengan menghubungi nomor-nomor di bawah ini:

1. Info Call Center JTCC : (021) 8952 6545

2. RS Hermina Grandwis : 021 – 8265 1212

3. RS Karya Medika 1 : 021 – 8903 00304

4. DISHUB Kab. Bekasi : 021 – 8911 3855

5. POLRES Metro Bekasi : 021 – 8911 4933

6. POLSEK Cikarang Barat : 021 – 8832 3550

7. DAMKAR Cikarang Barat : 021 – 2213 7870

8. DAMKAR Kab. Bekasi : 021 – 8911 9000.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion