Connect with us

Transportasi

Dalam Sepekan, 5 Bandara AP II Telah Sambut Kepulangan 25.186 Jemaah Haji

Published

on

Foto istimewa/APII

JAKARTA (Bindo.id) – Sebanyak enam bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II ditetapkan sebagai debarkasi haji untuk melayani kepulangan jemaah haji pada tahun ini. 

Bandara-bandara tersebut adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Iskandar Muda (Aceh). 

Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro mengatakan dari enam bandara tersebut, dalam sepekan ini, lima bandara telah menyambut dan melayani kepulangan jemaah haji.

“Pada periode 22 Juni – 29 Juni 2024 sebanyak lima bandara telah menyambut dan melayani kepulangan 25.186 jemaah haji dengan 60 kloter. Menyusul nantinya Bandara Sultan Iskandar Muda akan menyambut kepulangan jemaah haji mulai 10 Jul 2024,” jelas Cin Asmoro, Senin (1/7/2024).

Adapun Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia melayani kepulangan 13.157 jemaah haji dengan 31 kloter.

Sementara Bandara Kertajati sebanyak 4.834 jemaah haji dengan 11 kloter, kemudian Bandara Kualanamu sebanyak 2.142 jemaah haji dengan 6 kloter, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 2.699 jemaah haji dengan enam kloter, Bandara Minangkabau sebanyak 2.354 jemaah haji sebanyak enam kloter. 

Menurutnya, jumlah kepulangan jemaah haji pada 22 – 29 Juni 2024 ini merepresentasikan sekitar 26% dari total jemaah haji yang direncanakan tiba di enam bandara yakni 95.255 jemaah haji dengan 231 kloter. 

AP II berterima kasih kepada seluruh pihak atas dukungannya pada Angkutan Haji 2024, baik saat fase pemberangkatan maupun pemulangan jemaah haji. 

“AP II berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN, serta seluruh stakeholder yang telah berkolaborasi dengan baik antara lain maskapai, ground handling, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, TNI dan Polri,” ujar Cin. 

Baca Juga  Tembus 750.000 Penumpang, Bandara Angkasa Pura II Sukses Layani Perjalanan Udara Pada Long Weekend Idul Adha

Dia menuturkan, fase pemulangan haji di enam bandara yang dikelola AP II masih akan berlangsung hingga 22 Juli 2024. 

“Kami memohon doa dari masyarakat agar bandara-bandara AP II dapat dengan baik memberikan pelayanan kepada seluruh jemaah haji, menyambut kepulangan dan turut mengantar para jemaah haji bertemu kembali dengan keluarga tercinta di Tanah Air,” tutupnya. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion