Connect with us

Transportasi

Tembus 750.000 Penumpang, Bandara Angkasa Pura II Sukses Layani Perjalanan Udara Pada Long Weekend Idul Adha

Published

on

Foto istimewa

JAKARTA (Bindo.id) – 20 Bandara kelolaan PT Angkasa Pura II sukses melayani perjalanan udara masyarakat pada libur panjang akhir pekan 15 – 18 Juni 2024. 

Pada periode long weekend itu, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif tercatat mencapai 750.082 penumpang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 6.381 penerbangan.

“Lalu lintas penerbangan tertinggi ada pada 15 Juni dengan 252.342 penumpang, dan pada 17 Juni dengan 165.307 penumpang,” jelas Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro, Rabu (19/6/2024).

Dia mengatakan, kolaborasi yang erat di antara seluruh stakeholder bandara memastikan kelancaran pelayanan dan penerbangan pada long weekend kemarin. 

Di tengah tingginya lalu lintas penerbangan pada long weekend Idul Adha, seluruh stakeholder dapat berkolaborasi dengan baik untuk menjaga aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan pemenuhan terhadap seluruh regulasi.

“Kami bersyukur pada long weekend Idul Adha ini secara umum operasional dan pelayanan di bandara AP II berjalan dengan baik,” ujar Cin. 

Dia memaparkan, lima bandara AP II tersibuk pada long weekend 15 – 18 Juni 2024 adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dengan 469.748 penumpang; lalu Bandara Kualanamu (Deli Serdang) dengan 76.370 penumpang; Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) dengan 20.169 penumpang; Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dengan 32.130 penumpang; dan Bandara Minangkabau (Padang) dengan 26.133 penumpang. 

“Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia mampu dengan baik melayani penumpang pesawat pada libur long weekend Idul Adha didukung beragam fasilitas pendukung operasional serta pelayanan yang dilengkapi teknologi terkini, yakni antara lain Airport Operation Control Center (AOCC), Airport Infrastructure Control Center (AICC) dan Land Transport Control Center (LTCC),” urainya.

Baca Juga  Dalam Sepekan, 5 Bandara AP II Telah Sambut Kepulangan 25.186 Jemaah Haji

Cin menambahkan, bandara-bandara AP II lainnya juga memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat pengguna jasa

“Seluruh bandara AP II berupaya memberikan pelayanan terbaik, di antaranya dengan memperkuat konektivitas penerbangan seperti misalnya di Bandara Radin Inten II (Lampung). Pada 14 Juni, atau menjelang libur long weekend Idul Adha, Bandara Radin Inten II dan Super Air Jet memperkuat konektivitas penerbangan dengan mengoperasikan rute penerbangan langsung Lampung – Batam,” pungkas Cin. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion