Connect with us

Transportasi

Stasiun Bogor dan Tanah Abang Paling Ramai Penumpang KRL di Akhir Pekan Ini

Published

on

Foto istimewa/dok/bas

JAKARTA (Bindo.id) – Kondisi di sejumlah stasiun KRL Commuter Line Jabodetabek terpantau relatif lengang dan kondusif pada hari ini Ahad (2/6/2024) dibanding dengan kondisi pada hari kerja.

Dari data yang diperoleh, kalkulasi pengguna hingga pukul 13.00 WIB sebanyak 228.984 orang untuk melakukan mobilisasinya di akhir pekan ini.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan, rata-rata volume pengguna KRL Jabodetabek pada hari kerja sepanjang bulan Mei 2024 kemarin sebanyak 985.739 orang per hari, dengan rata-rata volume setiap hari Senin sebanyak 999.398 orang. Angka tersebut mengalami tren kenaikan jika dibanding dengan rata-rata pengguna pada bulan April lalu yaitu sebesar 1% atau sebanyak 983.260 orang per harinya.

Untuk rata-rata volume pengguna Commuter Line pada hari libur atau akhir pekan selama bulan Mei sebanyak 719.018 orang per harinya. Angka tersebut juga mengalami kenaikan sebesar 3% jika dibanding dengan rata-rata volume hari libur di bulan April kemarin atau sebanyak 700.778 orang per harinya.

Dengan selisih volume pengguna antara hari kerja khususnya hari Senin dengan hari libur/akhir pekan, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi commuter line yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan, untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin esok pagi.

Hingga pukul 13.00 Wib, terpantau Stasiun Bogor dan Stasiun Tanah Abang sebagai stasiun dengan volume pengguna terbanyak pada akhir pekan ini yaitu masing-masing sebanyak 19.671 orang dan 17.213 orang. Sedangkan Stasiun Sudirman yang terletak di pusat kota dan sebagai salah satu stasiun integrasi antar moda tercatat volume penggunanya 16.276 orang. 

Saat ini untuk melayani pengguna, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.034 perjalanan commuter line Jabodetabek tiap harinya. KAI Commuter juga mencatat persebaran pengguna pada hari kerja masih terpusat pada jam sibuk pagi (06.00 – 09.00 WIB) dan sore hari (16.00 – 18.00 WIB).

Baca Juga  4.200 Penumpang Jajal Uji Coba Kereta Cepat Tahap Pertama

Sedangkan pada pelayanan Commuter Line Basoetta, KAI Commuter mencatat rata-rata pengguna pada hari kerja bulan Mei 2024 kemarin sebanyak 6.465 orang dan pada hari libur atau akhir pekan sebanyak 5.226 orang. Dengan mengoperasikan 56 perjalanan tiap hari serta layanan naik-turun pengguna dari dan menuju Manggarai – Bandara Soekarno Hatta PP.

Dengan pelayanan naik dan turun pengguna di Stasiun Batu Ceper, Stasiun Rawabuaya, Stasiun Duri dan Stasiun BNI City, diharapakan layanan Commuter Line Basoetta ini bisa menjadi alternatif moda transportasi public dari wilayah Tangerang menuju pusat perkantoran Ibu Kota maupun sebaliknya. 

Pada Commuter Line Merak, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan Commuter Line Merak per harinya mulai pukul 05.05 WIB sampai dengan pukul 21.22 WIB. Sepanjang bulan Mei kemarin akumulasi total pengguna Commuter Line Merak diangka 387.602 orang, dengan rata-rata pengguna pada hari kerja sebanyak 10.275 orang per hari dan rata-rata pengguna para hari libur/akhir pekan 14.475 orang per hari.

KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna dalam menggunakan commuter line untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. Gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi commuter line yang akan dinaiki secara real time.

Bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan commuter line di area stasiun, fokus pada saat akan melangkah dan selalu memperhatikan celah peron. Dahulukan pengguna yang akan keluar dan menunggu perjalanannya di belakang garis kuning.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion