Connect with us

Transportasi

Tak Hanya Berkualitas, Menhub Juga Minta Produksi Bus Perhatikan Aspek Keselamatan

Published

on

Ilustrasi bus listrik [kumparan]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meminta supaya pada setiap produksi bus pabrikan tak hanya sekadar mementing sisi kualitas, namun juga memerhatikan soal aspek keselamatan.

“Saya minta fokusnya tidak hanya memproduksi bus yang berkualitas, tetapi juga berkeselamatan. Aspek keselamatan ini adalah perhatian utama kita jika berbicara tentang transportasi,” tutur Budi, Rabu (15/5/2024).

Tidak hanya itu, saat berkunjung ke pameran Busworld Southeast Asia, Budi juga mendorong tren industri transportasi yang memiliki teknologi tinggi serta berkelanjutan.

Salah satunya yakni lewat pemakaian bus listrik supaya dapat ditingkatkan.

Budi berpendapat saat ini tersedia 81 unit bus listrik yang sudah mengantongi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

Pemerintah kedepannya juga akan terus mendorong populasinya sehingga makin masif.

Sebab hadirnya bus listrik dinilai sangat memberikan dampak untuk lingkungan. Selain itu juga menjadi salah satu solusi dalam menekan polusi udara yang saat ini jadi permasalahan di kota-kota besar.

“Pemerintah mendorong perusahaan angkutan umum untuk dapat menyediakan transportasi yang ramah lingkungan. Di masa mendatang mungkin kita sudah mewajibkan di sejumlah kota besar harus menggunakan bus listrik,” ujar Menhub.

Budi memberikan apresiasi hadirnya pameran bus yang konsisten diselenggarakan.

Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk produsen maupun pelaku bisnis di dunia transportasi, namun juga menjadi wadah edukasi untuk masyarakat.

“Ini menjadi edukasi juga bagi masyarakat untuk melihat bus yang bagus itu seperti apa. Pengguna dapat memilih yang terbaik untuk digunakan, bukan hanya bagus secara fisik, tetapi juga saya minta komitmen berkaitan dengan,” tutur Budi.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Sambut Lebaran, Kemenhub Buka Posko Angkutan Laut