Connect with us

Transportasi

Hingga Minggu, KAI Catat Lonjakan Penumpang 23% pada Periode Libur Panjang Waisak

Published

on

Foto istimewa/KAI

JAKARTA (Bindo.id) – Berdasarkan data hingga Ahad (26/5) siang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terdapat kenaikan volume penumpang yang signifikan pada periode long weekend Waisak. 

Pada periode Rabu (22/5) hingga Ahad (26/5), volume penumpang kereta api mencapai 797.783 penumpang atau rata-rata 159.557 penumpang per hari. 

“Terdapat peningkatan penumpang 23% dibanding pekan sebelumnya yakni Rabu (15/5) hingga Ahad (19/5) dimana KAI melayani 650.818 penumpang atau rata-rata 130.164 penumpang setiap harinya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Ahad (26/5/2024).

Puncak arus keberangkatan pada periode long weekend tersebut yaitu pada Kamis (23/5) dengan jumlah pelanggan sebanyak 171.254 pelanggan. Sedangkan puncak arus baliknya terjadi pada Minggu (26/5) dengan jumlah pelanggan sebanyak 164.304 pelanggan.

Update Penjualan Tiket KA Pada Periode Long Weekend Waisak (Berdasarkan pantauan Ahad, 26 Mei 2024 siang):

Rabu, 22 Mei 2024: 167.406 tiket (data closed)

Kamis, 23 Mei 2024: 171.254 tiket (data closed)

Jumat, 24 Mei 2024: 142.744 tiket (data closed)

Sabtu, 25 Mei 2024: 152.075 tiket (data closed)

AHAD, 26 Mei 2024: 164.304 tiket (data dinamis berdasarkan jam 09:00 wib / data masih terus bergerak hingga jam 24:00 wib)

Adapun rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Blitar – Bandung pp, dan relasi lainnya.

Untuk mengakomodasi peningkatan volume pelanggan pada periode long weekend tersebut, KAI menambah 20 KA tambahan. Sehingga terdapat total sekitar 1.500 perjalanan kereta api yang melayani masyarakat untuk momen libur panjang.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama libur long weekend Waisak. Kami tetap berkomitmen untuk menyediakan angkutan kereta api yang aman, selamat, nyaman, dan sehat,” tutup Joni.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Stasiun Gambir Berikan Layanan Face Recognition Boarding Mulai 1 September 2023