Transportasi
Penumpang KRL Transit di Manggarai Capai 83.578 Lebih, KAI Commuter Tambah 31 Feeder di Jam Sibuk
Bindo.id (Jakarta) -KAI Commuter mengeluarkan data penumpang KRL Commuterline Jabodetabek pada Senin (6/2/2023). Hingga pukul 15.00 WIB, KAI Commuter mencatat volume pengguna sebanyak 430.026 orang
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan adanya jumlah penumpang naik KRL, penumpang yang mengakhiri perjalanan di stasiun tertentu dan ada juga jumlah penumpang yang transit.
“Dari pantauan di beberapa stasiun keberangkatan seperti Stasiun Bogor, hingga pukul 15.00 WIB tercatat 29.383 orang pengguna yang naik dari stasiun tersebut, sedangkan di Stasiun Bojonggede tercatat 24.406 pengguna, Stasiun Citayam tercatat 25.394 pengguna, Stasiun Bekasi 22.954 pengguna, dan Stasiun Sudimara tercatat sebanyak 13.586 pengguna serta Stasiun Tangerang sebanyak 10.966 orang,” sebut Anne dalam keterangan resminya, Senin (6/2/2023).
Sementara itu, untuk stasiun tujuan seperti Stasiun Tanah Abang, volume penumpang sebanyak 43.856 orang yang turun. Sedangkan di Stasiun Sudirman sebanyak 22.102 orang, Palmerah sebanyak 20.155 orang, Tebet sebanyak 22.153 orang dan Gondangdia sebanyak 20.479 orang.
Dari beberapa stasiun naik dan turun terdapat pula penumpang yang transit untuk berganti rangkaian KRL. Di stasiun Manggarai juga bisa didata jumlah penumpang yang berganti kereta.
“Khusus di Stasiun Manggarai, hari ini hingga pukul 15.00 WIB tercatat pengguna yang transit di stasiun ini sebanyak 83.578 orang,” ujar Anne.
Ditambahkannya, persebaran penumpang KRL yang transit di Stasiun Manggarai tercatat mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB, dan pada sore hari mulai 17.00 – 19.00 WIB.
Saat ini KAI Commuter mengoperasikan 1.081 perjalanan commuterline di wilayah Jabodetabek dengan waktu operasional mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB setiap harinya. KAI Commuter juga mengoperasikan 31 perjalanan Commuterline Feeder tambahan relasi Manggarai-Kampung Bandan dan Manggarai-Bekasi.
“Persebaran pengguna commuterline pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB. Sedangkan jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB,” imbuh Anne.
Anne mengimbau, agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam perjalanan, pengguna diminta untuk selalu merencanakan perjalanannya. Gunakan aplikasi KRL Access untuk melihat seluruh jadwal dan posisi commuterline serta kepadatan pengguna di stasiun.
Anne mengungkapkan, penumpang dapat mengetahui informasi lengkap terkait operasional commuterline pengguna dapat melihat di website commuterline.id serta akun media sosial twitter @commuterline, instagram @commuterline, dan call center 021-121.(bas)
Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion